Perjalanan Workshop PAS di Sekolah Negeri dan Swasta

   

Member Area  

   

Pengunjung Ke :  

Hari ini0
Kemarin23
Minggu ini107
Bulan ini474
Total pengunjung49345

Currently are 6 guests and no members online


VCNT - Visitorcounter
   
Alamat IP Anda : 174.129.163.183
   

By A Web Design Company

   
   

Welcome to Portal form OB to Principal

1000 cara ampuh - sukses Pendataan DAPODIKMEN

Details
AddThis Social Bookmark Button

Setelah menyimak dengan seksama paparan kebijakan pendataan pendidikan menengah yang saat ini lebih di kenal dengan istilah “DAPODIKMEN” oleh Bp Drs. Mustaghfirin Amin, MBA, selaku Sekretaris Direktroat Jenderal Pendidikan Menengah pada Pelatihan Sistem Pendataan Pendididikan Menengah berbasis web / Online mulai tanggal 22-25 Agustus 2013 di PARK HOTEL Jakarta. Banyak Sekali informasi yang bisa diambil pelajaran dan hikmah sekaligus inforrmasi untuk sekolah terutama berkaitan dengan kebijakan baik yang sedang adan akan diselenggarakan oleh pemerintah, dalam hal ini Direktorat Jenderal pendidikan menengah (SMK, SMA dan SMLB). Pendidikan Menengah Universal, Bantuan Operasional Sekolah, Bantuan Siswa Miskin, Tunjangan Sertifikasi. Dan program-program tersebut akan bisa sukses dengan baik kalau Kementrian pendidikan dan Kebudayaan memiliki cukup kuat basis data pendidikan Menengah yang cepat, valid dan terkini.

Namun untuk menuju pada basis data yang cepat, valid dan terkini Bapak Mustaghfirin Amin menyampaikan pada peserta Pelatihan, ternyata masih ada saja 1000 alasan/keluahan pendataan pendidikan menengah ini, mulai dari tidak adanya waktu, koneksinya tidak ada, laptop tidak ada, operator ganti dengan yang baru, komputer kena virus, datanya hilang, datanya belum lengkap, banyaknya aplikasi yang harus di isi, tidak adanya honor bagi operator dan masih banyak lagi yang lainnya, padalhal data ini juga untuk kebutuhan sekolah itu sendiri, disampaing digunakan oleh pemerintah dalam melakukan perencanaan program dan analisa data kebutuhan pendidikan.

Dengan Pendataan Pendidikan Menengah Online yang sudah dirancang dan diluncurkan sejak bulan Mei 2012, sudah banyak cara dan langkah yang sudah dilakukan oleh Sekretriad Direktorat Jendral pendidikan Menengah, mulai Sosialisasi (Sekolah - Dinas Pendidikan Kabupaten - Dinas Pendidikan Provinsi),  Pelatihan, Pembuatan Aplikasi (Client - SI - Server), Buku panduan, Forum Komunikasi, program pendampingan pelatihan ke kabupaten dan Provinsi,  TOT untuk SMA sebagai pusata layanan TIK dan TOT  SMK ICT  center dan masih banyak lagi cara dan langkah sudah dilakukan, termasuk Surat himbauan dari Direktur Dirjen Dikmen ke Seluruh Dinas pendidikan kabupaten dan Provinsi berkaitan dengan update data Pendataan Pendidikan Menengah.
Semoga seiring dengan berjalannya waktu, Pendataan pendidikan menengah “DAPODIKMEN” Segera terwujud untuk “satu pintu” dan bisa dimanfaatkan untuk banyak hal dan kebutuhan baik di kementrian pendidikan dan kebudayaan, Dinas pendidikan Kabupaten/Kota dan dinas pendidikan provinsi. Program “DAPODIKMEN” ini juga supaya cepat terealisasi harus mendapatkan support dari Direktorat TEknis yang terkait yang ada di bawah naungan dirjen Dikmen serta merapatkan barisan. dan “Legowo” dalam memperjuangkan “satu data” di kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Intruksi Mentgeri No 2 tahun 2011 harus benar benar bisa dikawal dengan baik dan berkesinambungan.

Untuk operator agar implementasi PAS di Sekolah Sukses,:

1. Baca Buku manual Aplikasi PAS yang sudah disertakan pada aplikasi PAS

2. Ikuti tahapan / aturan entri data yang sudah diberikan (urutan menu bukan urutan entri data)

3. DApatkan informasi dari website pendataan, forum atau teman apabila menemui kendala di aplikasi (jangan malu bertanya)

4. siapkan data yang dibutuhkan untuk implementasi ini

5. manfaatkan fasilitas import yang ada di aplikasi untuk mempercepat proses dengan ketentuan dibutuhkan ketelitian

6. bentuk TIM di sekolah karena aplikasi ini sudah di siapkan dengan client - Server

7. bersabar jika mengalami kendala

1000 jalan bisa ditempuh selama ada keinginan untuk sukses.

Tetap Semangat.
Link terkait

Website Pendataan. Dapodikmen, Forum Komunikasi

Add comment


Security code
Refresh

   

JEvents Calendar  

April 2014
S M T W T F S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 1 2 3
   

Online Support  

   

Blog Siswa  

   

Tausiyah Hari ini  

AddThis Social Bookmark Button

Anak anaku kelas XII, tenangkanlah dirimu, kalian sudah mempersiapkan diri dengan baik, belajar, beribadah dan berdoa. Percaya dirilah bahwa kalian bisa. jangan ragu apalagi bimbang. percayalah bahwa Allah memilihkan jalan keluar terbaik untuk kalian semua.

   

Videoku  

   

Sponsor Adsense  

   
© sukari.info