Header Ads

test

Proses Tutup Tahun Ajaran di PAS SMA.

Pada saat tutup tahun ajaran pada program PAS SMA, Banyak yang tanya bagaimana cara agar cepat dan mudah?, bagaimana cara menaikkan dan meluluskan siswa? bagaimana bisa masuk ke tahun ajaran baru?. Dari sekian banyak pertanyaan yang sama setelah saya tanya balik, apakah sudah membaca buku panduan pada BAB XI - "SIKLUS PERIODIKAL PEMBELAJARAN" halaman 50. Ternyata respon dari beberapa operator PAS SMA malah balik bertanya lagi. Saya tidak menggunakan PAS untuk penilian dan abensi siswa, saya hanya ingin tanpa melalui itu bisa menaikkan dan meluluskan siswa hanya One Click. Woow, luar biasa. cepat satu dua langkah sudah harus bisa naik dan lulus.
Yang perlu diperhatikan dan dipahami oleh para operator adalah PAS di desain sebagai ICT based School Managemen. Artinya segala transaksional harian yang terjadi di sekolah dan menjadi di sistem sekolah ya itulah yang diberlakukan di PAS juga. Siswa tidak akan naik kalau tidak ada proses kenaikan kelas. begitu juga kelas XII tidak akan menjadi alumni kalau dia tidak mengikuti/didaftarkan ujian dan pada saat kenaikan kelas, maka kelas XII harus di masukkan nomor STL (nomor Surat tanda kelulusan).
BErikut ini langkah yang harus operator lakukan untuk tutup tahun ajaran PAS SMA
1. Lakukan backup database dengan cara copy File data pada Folder C:\DEPDIKNAS\Paket Aplikasi Sekolah - SMA\mysql-5.0.22
2. Login ke Tahun Ajaran 2012/2013 pada Semester II
3. Klik Menu 6. Administrasi Akademik -> 6.1. Transaksi Rutin Kesiswaan -> 6.1.7. Kenaikan Kelas
4. Klik pada nama kelas / rombel.
5. Berikan tanda centang pada siswa yang naik kelas (untuk kelas X dan XI) dan Kelulusan untuk XII, jangan lupa untuk isi nomor STL (wajib isi)
6. klik tombol / menu SAVE (simpan).
7. Lakukan langkah yang sama untuk semua rombel
8. Tekan tombol / menu Tutup Tahun Ajaran yang ada di bawah daftar siswa.
9. Lakukan pada semua Rombel.
Bila proses ini sudah terlalui, maka salah satu tanda, coba di cek di data siswa alumni. kalau kelas XII sdh bisa masuk ke data alaumni maka proses ini sdh berhasil, kalau masih kosong, maka anda tidak melakukan pengisian data nomor STL (wajib isi) dan anda biarkan kosong, krn anda kepengen cepat saja. Tanda yang lain kalau operator juga sering buka tool sqlyog, maka di t_siswa_tingkat_thn sudah muncul daftar siswa kelas dengan kode tahun ajaran 19.
langkah berikutnya yang harus operator lakukan adalah tutup anggaran. lakukan langkah sebagai berikut :
10. Pastikan Saldo Awal Sekolah sudah di isi.
11. Tambahkan data keuangan di menu 8.2.1. Penerimaan Dana dan 8.2.2. Pengeluaran Dana.
12. Lakukan proses Tutup Anggaran pada menu 8.4. Tutup Anggaran.
Proses penutupan tahun ajaran baru berhasil ditandai dengan :
1. Identitas SEkolah sudah ada --> menu 2.1
2. Fasilitas Sarana Sekolah sudah ada --> menu 2.3
3. Data Pegawai sudah ada --> menu 3.1.1
Silakan masuk ke pemeliharaan - Guru aktif menu 3.2.1, bila ada guru yang sudah tidak aktif krn mutasi atau meninggal dunia.
Lakukan proses berikutnya
1. Pengisian program pengarajan pertingkat pada menu 1.3.1.2
2. pengisian Rombel menu 1.3.1.6
Silakan lanjut untuk proses penentuan jurusan dan penentuan kelasnya. untuk yang kelas X bisa dilakukan entri manual (NIS akan digenerate sistem) dan bisa juga dilakukan proses import (NIS = no induk), kemudian penentuan kelas baru.
Selamat mencoba.



No comments