Header Ads

test

Tahun ke 3 bersama operator dapodik Nagan Raya Aceh

.

Indahnya jalin Silaturahim.
Mungkin ini kegiatan terakhir saya di tahun 2016 untuk pendampingan dapodik yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh untuk jenjang pendidikan Menengah, mengingat pada tanggal 1 Januari 2017 pengelolaan pendidikan menengah dibawah  Dinas Pendidikan Provinsi sesuia dengan amanah UU nomor 23 Tahun 2014. 
Pada tanggal 12 Desember 2016 bertepatan dengan maulid Nabi Muhammad SAW, jam 03.15 WIB saya harus sudah bersiap menuju bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo. Keberangkatan Pesawat di jadwal penerbangan tertera jam 06.00 WIB. Karena penerbangan pagi, saya juga harus menyesuaikan diri dengan program sehat ala nutrisi yang selama seminggu ini sudah saya jalani bersama keluarga. Mengingat sudah tdk berkesempatan lagi sarapan nutrisi di rumah, maka kebiasaan lama untuk sarapan nasi di kantin bandara harus saya lakukan terlebih dahulu.
Alhamdulillah perjalanan berangkat menuju Kabupaten Nagan Raya berjalan lancar, untuk tempat menginapnya di hotel dan kamar yang sama di tahun kemarin. Pelaksanaan pelatihan dilakukan pada tanggal 13 sd 14 Desember 2016 di Aula SMK N 1 Nagan Raya. Hadir pada acara pembukaan kegiatan ini Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya.
 Dalam 3 tahun saya mendampingi kegiatan pelatihan dapodikmen di kabupaten ini pesertanya terdiri dari kepala sekolah dan opetator dapodik.
Ada beberapa catatan pada pelatihan di nagan raya ini :
1. Ada operator baru yang masih belum memahami proses registrasi dan menggunakan user dan password baru yang sdh diberikan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota.
2. Ada operator yg install aplikasi 2016 b RC 2 (saya kaget, dapat dari mana dia .? He he) krn RC adalah aplikasi yang masih proses testing
3. Pada aplikasi dapodik 2016C untuk validasi pembelajaran, lintas minat yang masuk ke peminatan di pindahkan ke  kelas teori sebagaimana tata cara entri lintas minta yang ada di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
4. Untuk SMK dengan update ke versi baru, maka MOU wajib terisi, nah langkah untuk melakukan pengentrian MOU ini yang masih belum dibaca panduan entri datanya
5. Perubahan NUPTK yang invalid bisa dilakukan edit di aplikasi front End.
6. Ada PTK yang tidak masuk di vervalptk karena penugasan PTK masuk di non induk.
Demikian catatan pelaksanaan workshop dapodik di nagan raya aceh tahu ke 3, semoga bermanfaat.

No comments