Header Ads

test

Migrasi data dari Tab A 8" 2016 with SPEN model P355 ke Tab A 8" 2019 model T295

Setelah menulis tentang Unboxing TAb A 8" 2019 model SM-T295, tulisan berikut adalah bagaimana cara saat pengguna memiliki device lama (contoh Tab A 2016 with SPEN) kemudian memiliki device baru (contoh Tab A 2019 model SSM-T295) dan ingin memindahan semua aplikasi, dokumen, log panggilan, log sms dan pengaturan lainnya.  pada tulisan ini adalah salah satu cara saja, banyak alternatif lain yang bisa gunakan. Tepatnya migrasi data pada tulisan ini menggunakan fitur Samsung Cloud yang menjadi salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna. kapasitas penyimpanan Samsung Cloud yang ditawarkan sebesar 15Gb Free.
1. Langkah pertama untuk  dapat melakukan migrasi adalah pastikan tablet terkoeksi dengan internet melalui Wi-Fi.
2. karenna tablet yang digunakan masih baru dan masih belum ada aplikasi lain (selain bawaan dari pabrik) maka setelah terhubung ke internet, maka mulailah jalankan Google playstore.


3. Proses memeriksa jaringan dan kemudian jika terkoneksi dengan internet, maka masukkan email yang sudah pernah terkoneksi atau terdaftar di samsung cloud (pada tab sebelumnya sudah ada akun Samsung Cloud), Jika belum memiliki maka proses backup restore ini tidak dapat dilakukan.




4. Stelah berasil login menggunakan email, maka pilih setuju untuk menggunakan layanan  yang ada di Google.
5. Setelah setuju dengan layanan Google, maka secara otomatis notifikasi beberapa pembaharuan aplikasi, pertanyaan keamanan tablet dan informasi lannya akan muncul.Untuk mengambil data lama menuju data baru, maka silakan menuju ke pengaturan, kemudian pilih akun dan pencadangan.




6. Pilih Samsung Cloud dan masukkan email dan password yang sebelumnya pernah di daftarkan.


7. Setelah berhasil masuk dan pilih setuju akan layanan pada Samsung Cloud sesuai dengan ketentuan dan kebijakan yang berlaku.


8. Tampilan saat sudah berhasil masuk ke Samsung Cloud.


9. pada tahap ini, pilih memulihkan data. (agar data lama bisa masuk ke tablet samsung yang baru)


10. Klik Install aplikasi pencadangan dan tunggu beberapa saat.


11. tentukan data data yang akan dipulihkan atau di kembalikan dari tablet lama yang sudah di cadangkan ke tablet baru.


12. Jika sudah SElesai mengembalikan data data yang dimiliki ke tablet baru, maka cek ke menu pesan, apakah log pesan sudah masuk.


13. cek juga ke menu kontak dan profil dari tablet.

14. Tampilan Home Screen dan Aplikasi aplikasi yang sudah berhasil di kembalikan.



15. TAmpilan aplikasi lain pada layar berikutnya. dan beberapa saat akan ada progres instalasi atau update pada aplikasi aplikasi yang berhasil di kembalikan pada sistem operasi baru Android. dan proses memindahhkan data lama ke baru berhasil dengan sukses.

Selamat mencoba.

No comments