Header Ads

test

Import PAS 2006, KBK, KTSP dan KTS


Pada tanggal 4, 5 dan 6 Mei 2007 Tim IT SMA Muhammadiyah 1 Gresik dan Tim IT SMA Negeri 2 Bengkulu berangkat ke Jakarta untuk bertemu dengan pengembang PAS ( Paket Aplikasi Sekolah) di Wisma Handayani Direktorat Jenderal Manajemen Depdiknas Direktorat Pembina SMA. Pertemuan Tim IT dari Gresik dan Bengkulu dengan pengembang PAS ini memiliki tujuan yang sama yaitu belajar import database dari PAS versi Agustus 2006 ke PAS versi 13 November 2006, 7 Februari 2007 atau versi bulan Mei 2007.
Paket Aplikasi Sekolah (PAS) terus-menerus dikembangkan dan diperbaiki seiring dengan perkembangan kurikulum. PAS versi Agustus dirancang untuk kurikulum KBK, namun pada perkembangan banyak permintaan dan usulan dari sekolah agar PAS juga menfasilitasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Nah, dari sinilah pengembang PAS meluncurkan versi terbarunya tanggal 13 November 2006, namun versi 13 November 2006 tidak diiringi dengan program migrasi untuk database sebelumnya sehingga banyak sekolah yang sudah melakukan Entri data PAS versi Agustus 2006 tidak bisa mengikuti perkembangan PAS versi 13 November 2006 dan selanjutnya.
Pada tanggal 4 Mei 2007 bertempat di Wisma Handayani komplek Mandikdasmen Dikmenum Pusat Cepete Jakarta Tim dari SMAM 1 Gresik dan SMAN 2 Bengkulu mendapatkan materi dari Bapak Sudiono selaku pengembang PAS mulai dari latar belakang perubahan platform, referensi tehnis, design table dan relasi table. “Insya Allah mulai versi 13 November 2006 platformnya akan sama dan yang berubah adalah kemampuan dan kinerjanya ” kilah Pak SudionoMateri hari pertama berakhir sampai jam 23.30 oleh Bapak Sudiono. Materi yang disampaikan Pak Sudiono ini sangat mengasyikkan hingga melampaui jadwal yang disepakati yaitu jam 21.00 WIB, kenapa mengasyikkan karena pak Sudiono langsung memberikan contoh cara import dan apa yang harus dilakukan, bahkan Pak Sudiono memberikan contoh trik mengecek data di excel dengan rumus Vlookup. Suasana semakin tambah gayeng setelah ada kata-kata yang dianggap lucu yang saya lontarkan dan Pak Zulkarnain,misalnya kata jebret dll.Setelah Tim dari SMA Muhammadiyah 1 Gresik dan SMA Negeri 2 Bengkulu mulai terlihat capek dan lelah maka Bapak Sudiono berpamitan pulang dan ingin mampir dulu ke Bapak Budi Permana yang masih berada di kantor Mandikdasmen Dikmenum Gedung A lantai 4. 
Pertemuan dengan Bapak Budi Permana tadinya ingin berpamitan ternyata berlanjut dengan obrolan santai berlima dengan saya (Bapak Budi, Bapak Sudiono, Bapak Syahril, Bapak Jarot dan). Obrolan santai yang membahas tentang implementasi PAS di lapangan cukup mengasyikkan hingga jam 03.00 WIB dini hari.Pada hari kedua tanggal 5 Mei 2007 (tepat usia saya yang ke 35) Pak Nanang Arif Setiawan selaku konsultan IT SMA Muhammadiyah 1 Gresik telah menemukan cara untuk merubah port bawaan PAS dari 33066 dirubah ke standart. Pertanyaan bagaimana cara merubah port PAS ke standart sempat juga ditanyakan oleh Bapak Nanang kepada Pak Sudiono, namun Pak Sudiono menjawab masih belum perlu untuk merubah port, kalau sudah ada datanya baru bisa kita rubah dan data di PAS bisakkarena SMA Muhammadiyah 1 Gresik sangat membutuhkan itu maka usapun dilakukan oleh Pak Nanang dan akhirnya berhasil. Keberhasilan merubah port ini mengakibatkan PAS pada akhirnya bias kita kembangkan berbasis webbase dan kita kolaborasikan dengan intranet yang sudah dimiliki dan setelah di coba pada hari kedua ternyata berhasil juga. Oleh-oleh tulisan Pak Nanag dalam bentuk pdfSetelah menemukan cara merubah port, materi kemudian dilanjjutkan oleh Pak Heri bagaimana cara import dari database PAS versi Agustus 2006 ke Mei 2007.Mulai pagi sampai malam hanya belajar import saja dan hanya di selingi untuk ISHOMA (Istirahat, Sholat dan Makan), itupun belum berhasil. Karena masih penasaran juga malam harinya saya minta Pak Heri untuk mendampingi saya, import untuk table t_siswa ternyata harus ngecek dulu ke r_asal_sekolah. Setelah r_asal_sekolah sesuai dengan data lama , baru kita melakukan import untuk table t_siswa, karena semakin penasaran waktu sudah menunjukkan jam 24.00 WIB belum berhasil, setelah dicoba sekali lagi ternyata jawabnya ketemu setelah saya mencoba berbaring sambil membaca referensi tehnis setting regionalnya. Ada kesalahan pada setting short date yang tadinya kita tetapkan M/dd/yyyy harus di rubah M/d/yyyy. Setelah settingnya di rubah sesuai petunjuk tehnis, baru import t_siswa berhsil di eksekusi. Spontan saya sangat senang dan lega karena jam menunjukkan pukul 00.30 sehingga bisa istirahat.Keesokan harinya materi tetap dilanjutkan dengan materi import pada table yang lain yang bisa digunakan untuk contoh import . Pada hari terakhir ini kami juga berhasil import table t_pegwai dan t_didik_formal, hingga jam 15.00 WIB. Menjelang keberangkatan pulang Ke Gresik banya kejadian lucu yang kita alami, mulai berangkat ke Blok M, Monas, Kunci kamar Wisma Handayani yang terbawa ( belum bayar maksudnya ), Istilah KTS (Kafe Tenda Semanggi) kalau di sekolah Kegiatan tengah semester dan Tas Orang yang ikut terbawa di bandara pada saat mamalui perriksaan barang. Dan Alhamdulillah perjalanan Gresik – Jakarta berjalan dengan lancar. (Sukari).

No comments