Header Ads

test

Hikmah dibalik sebuah kegagalan bagian 1

Setiap manusia mengingikan agar setiap yang di impikan dan direncanakan akan terlaksana sesuai rencana dan kehendaknya, namun kadang kadang kita gak sadar bahwa apa yang telah kita usahakan dan rencanakan pada akhirnya hanyalah Allah yang bisa menentukan. Kalau ada sebuah keinginan yang tidak sesuai dengan yang kita inginkan, maka prasangka buruklah yang ada dibenak pikiran kita. Kalau keinginan dan kehendak kita terkabulakan, maka yang muncul adalah perasaan PD yang berlebihan dan Congkak yang berkepanjangan.
Kasus I :
Pada Minggu I bulan maret 2009, kami TIM ICT bersepakat untuk migrasi server 3 yang digunakan untuk intranet dan internet. Ada beberapa pertimbangan yang kita jadikan pertimbangan diantaranya; : (1) CMC yang kita gunakan masih menggunakan Mambo versi lama, (2) Webserver yang kita gunakan masih menggunakan XAMPP versi 1.4.2. (3) Ada konfigurasi antara program laser dan Perpustakaan yang masih belum sinkron, satu menginginkan global configurationnya harus On dan yang satunya menginginkan Off. (4) servernya seringkala lambat jika di akses dan harus restart lagi di karenakan terserang virus Confliker.
Dari pertimbangan itu kita mulai untuk Backup Database dan htdocnya. Satu persatu kita backup dan kita restore di server trial yang kita miliki dengan meninstallkan XAMPP versi 1.7.0 dan CMS Joomla 1.5.8.Pada Saat Backup data E-learning dan komunitas sekolah ternyatabackup tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Database sudah besar karena mulai semester 1 tahun 2008/2009 ada 11 kelas mulai kelas X-1 s.d X-7 dan XI IPA1 s.d IPA3 dan XI IPB , semua Ulangan harian sudah menggunakan Moodle.
Kucoba berulang ulang untuk mengembalikan E-learning agar kembali sesuai dengan yang kita harapkan namun selalu gagal – gagal dan gagal. Bahkan database asalnya juga terhapus, gak tahu itu karena strees atau gimana. Ah ya Sudah lah, saya harus kembalikan E-learningku pada bulan Oktober 2008 dan mungkin inilah ujianku dalam belajar Eleraning agar lebih belajar lagi dan belajar lagi dan Alhamdulillah masih bisa. Allah Pastilah akan memberikan hikmah dibalik kegagalan migrasi E-learning di SMA Muhammadiyah 1 Gresik ini. Ternyata program E-learning data hilang tapi digilib yang sudah lama terinstall gagal malah sudah mulai bisa digunakan dengan bantuan dari Pak Nasar dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Kasus II
Pada Acara workshop Asistensi dan sinkronisasi Program PSB tahun 2009, ku coba mencari tiket PP dengan asumsi untuk Pulangnya memilih diatas jam 9 malam dengan pertimbangan masih belum mengetahui jadwal kegitan. Namun setelah sampai di ditempat kegiatan, acaranya berakhir Jam 13.00 sudah bisa untuk check out dari hotel.
Dihari pertama itulah kucoba untuk menghubungi customer servis Lion Air. Setelah dikonfirmasi ternyatajadwal tidak bisa berubah dari semula Jam 21.40 WIB. Mengingat waktu yang masih panjang itulah ku coba untuk mengubungi beberapa teman untuk bisa bersilaturahmi ke rumah agar bisa semakin akrab. Ternyata teman teman yang kuhubungi awalnya bisa dan sudah Janjian. Namun tiba tiba dapat sms kalau beliaunya juga sedang lagi ke Jakarta pukul 14.30 WIB, ya sudah Lah. Kucoba terus untuk menghubungi teman lain. Ah ku Coba hubungi Pak Budi Permana, ternyata beliau juga ada rakor di bandung.
Setelah kuputuskan untuk langsung ke Jakarta, ternyata ada 2 pangigilan tak terjawab di Hku dan 1 Pesan. Ternyata dari pihak traveling yang menyampaikan kabar bahwa penerbangan dimajukan dari jam 21.40 menjadi 16.30 WIB. Ternyata setelah kita berusaha untuk memajukan Jam tidak di perbolehkan oleh Lion Air ternyata pada saat yang tidak membutuhkanternyata Allah mengabulkan keinginan kita.
Banyak hal yang terjadi yang itu bukan keinginan kita, tapi Allah memberikan kalan keluar terbaik. Waktu semua orang marah marah karena delay penerbangan Lion Air, aku santai saja di depan computer, entah itu belajar CMS, LMS atau sekedar menuliskan artikel. Di saat orang lain gelisah menunggu waktu kapan dan kapan, aku setiap waktu mendapatkan ilmu – ilmu yang semoga nanti kalau aku sampakan juga akan bermanfaat pada orang lain. Eh ternyta saat orang lain marah itulah aku 4x penerbangan dengan lion terus menggunakan Pesawat terbaru Lion Air jenis Boing 737-900 ER. Bahkan pernah untukyang pertama kali memasuki Pesawat yang mungkin bau Catnya masih terasa. WOooh ini pesawat baru kali ya.

Mari Kita bersama manjadi orang yang sabar dan Istiqomah dalam beribadah.

Semoga bermanfaat.

No comments