Header Ads

test

Implementasi PAS SMS Gateway di Muha Genteng Banyuwangi

Alhamdulillah pada tanggal 12 s.d 14 Agustus 2009, saya berkesempatan untuk mendampingi implementasi PAS di SMA Muha Genteng Banyuwangi. Berangkat pada hari selasa malam tanggal 11 Agustus 2009 ke Surabaya Gubeng awalnya dipenuhi keraguan akan tidak akan ada perjalanan malalui kereta jalur banyuwangi dengan mutiara timur express (informasi dari travel langganan tidak ada kursi atau sudah penuh), salah satu alternative menggunakan BIS PATAS. Namun saya mencobanya tetap dengan menuju stasiun gubeng berharap kalau masih ada kursi yang tersisa. Alhamdulillah ternyata masih ada sehingga tidak perlu lagi ke bungrasih untuk mencari bis.
Perjalanan yang di perkirankan sampai di stasiiun kali setail jam 04.30 ternyata mengalami keterlabatan dikarenakan ada kecelakaan kerete di daerah Pasuruan ada gerbong kereta yang anjlok. Tiba di kali setail jam 07.00 WIB dan langsung untuk mencari kamar mandi untuk segera mempersiapakna menuju SMA Muhi Genteng Banyuwangi. Di luar dugaan ternyata di SMA Muha genteng banyuwangi lagi ada persiapan untuk akreditasi tanggal 13 Agustus 2009.

Di hari Pertama segera langsung menyiapkan server yang akan di guanakan untuk database PAS dan persiapan data yang akan di import ke PAS. Beruntuyng saya bias di damping sama Pak Noenoeng dan Pak Agus (TIM PAS) yang dengan sabar dan telaten untuk mengentrikan data PAS Mulai Referensi sampai Import data kelas X rampung kita selesaikan. Sehingga untuk hari pertma ini untuk websms sudah bias di ujicoba mengguanaka simulator sms.
Sednagkan di hari Ke dua, Pak Agus mepersiapakan data kelas XI dan XII untuk di import, semetara saya harus menyiapkan untuk aplikasi SPP dan sms short number yang dua jalur yaitu ke 3833 dan 9336. Dengan sedikit berinvestasi akhirnya di hari kedua itu sms gateway bias kita demokan pada verivikator akreditasi. Dan beruntungnya salah satu asesornya memahami TIK karena beliua sedang kuliah S2 tehnik Informatika ITS.
Lega rasanya sudah rampung untuk smsgateway dan tinggal hari ketiga (mengingat hari juma’t) maka tinggal melakukjan trial error dan sosialisasi pada petugas pembayran SPP untuk melakukan entri data dan pencetaka. Setelah Jum’atan selasai, awktunya untuk kulijner dan refresing ke pantai Blikbong sari banyuwangi untuk mencari ikan bakar.
Pada Kesempatan ini juga saya berkesampatan untuk mampir ke SMA Negeri 1 Giri banyuwangi (Sekolah pak budi permana waktu SMA).. Menginngat untuk konfigurasi SMS gateway di SMA Negeri 1 Giri membutuhkan waktu, maka Tim dari Muha genteng langsung pulang, dan saya melanjutkan untuk memperbaikii data PAS supaya bias digunakan untuk SMS gateway dan akhirnya jelang pulang ke Surabaya tepatnya Jam 22.00 WIB Sms sudah running.
Mau coba silakan kirim sms sebagai berikut :
Muhagtg kepsek (bias kirim ke 3833 atau 9336) untuk muha genteng
Sman1giri kepsek (bias kirim ke 3833 atau 9336) untuk sMA Negeri 1 Giri Banyuwangi.

No comments