Header Ads

test

Workshop PAS dan LMS di SMA Muhammadiyah Wonosobo Jateng

Setelah melakukan perjalanan dari SMA Negeri 1 Sumbawa Besar, rangkaian berikutnya adalah SMA Muhammadiyah Wonosobo Jawa Tengah. Tepatnya tanggal  31 Maret dan 1 April 2012 untuk workshop PAS dan LMS. Workshop PAS untuk TIM TIK mulai hari Sabtu Jam 08.00 WIB sampai dengan hari Minggu Jam 04.00 WIB, sementara untuk Bapak /Ibu Guru mulai jam 08.00 – 11.30 WIB untuk Learning management system dan pembelajaran berbasis digital multimedia.

Alhamdulillah pada hari pertama, workshop untuk PAS di mulai dengan TIPS dan TRIK untuk Patching data dari tahun pelajaran 2009/2010 untuk bisa digunakan tahun pelajaran 2011/2012 tanpa harus mengetik ulang. Mengingat dari beberapa peserta pelatihan atau TIM sudah pernah mengikuti pelatihan PAS Cluster tahun 2009 dan 2010 sehigga workshop tidak dimulai dari Nol data. SEtalah melakukan Patching dan menggupdate data menuju tahun 2011/2012 disepakati untuk data siswa dilakukan dengan cara import untuk mempercepat entri data dan rombongan belajar.
Pada Malam hari tim berkesempatan untuk instalasi server dengan menggunakan teknologi virtualisasi dan mencoba untuk instalasi intalasi intranet di sekolah. Dengan infrastruktur yang sudah di miliki oleh sekolah, dicoba agar perangkat yang sudah ada bisa dioptimal sebaik mungkin.  Sekaligus untuk server PAS menggunakan server yang sudah di install dengan teknologi virtual.
Untuk Workshop pada BApak/Ibu guru, di demokan intranet yang sudah ada di sekolah dan bagaimana cara mengkasesnya. Namun pada kesempatan yang ini saya memberikan motivasi untuk bisa memberikan pembelajaran yang menyenangkan untuk peserta didik dan guru untuk terus belajar dan mengupdate pengetahuan dan ketrampilannya di bidang TIK khususnya penguasaan dalam pengelolaan LMS di sekolah. 5 komponen LMS harus ada dan menjadi pedoman untuk Bapak /Ibu guru dalam pengembangannya.
Yang menarik lagi adalah terjadi sharing terhadap pengembangan Sekolah Muhammadiyah di masa era globalisasi. Mengingat pengalalaman yang pernah ada sehingga diskusi menjadi menarik dan workshop ini bisa dilalaui dengan semangat. Kekompakan dan semangat untuk terus mengembangkan AUM di lingkungan Muhammdiyah Wonosobo ini sunggul luar biasa. Semoga bisa menjadi pencerahan pada AUM di Muhammadiyah yang lain.

Semoga bermanfaat.

No comments