Header Ads

test

Seputar PIN DAPODIKMEN 2013

Berkaitan dengan Permohonan PIN untuk Singkronisasi SI integrator baik PAS SMA maupun PAS SMK sebenarnya informasinya sudah di rilis di website DAPODIKMEN tentang Cara Mendapatkan PIN dan Fungsinya. Mengingat saya salah satu tim teknis yang diberikan amanah (selain pak Komang Purwata dan Pak maryanto), maka saya mencoba menulis ulang Mekanisme dan tata cara mendapatkan PIN yang diharapkan agar prosesnya kembali lancar. Sekaligus juga tulisan ini menjawab berbagai pertanyaan yang sering muncul baik melalui sms maupun ke email.
Berikut ini hal hal yang perlu di perhatikan berkaitan dengan masalah PIN Pendataan DAPODIKMEN 2013.
1. PIN sebenarnya bukan di minta, melainkan PIN itu digenerate oleh sistem pendataaan DAPODIKMEN 2013 saat melakukan singkronisasi yang pertama. Namun sebelum melakukan singkronisasi yang pertama perlu melakukan setting pada admin panel di SI integrator dengan mengosongkan PIN, isi email dan HP kemudian Simpan. lakukan Singkronisasi Sekolah, Jika sudah berhasil, maka catat PIN dan amankan. Tujuannya adalah jika terjadi instlasinulang SI integrator atau pindah komputer, maka operator dapat melakukan singkronisasi lagi dengan data yang sudah dicatat tadi.
2. Bila Operator tidak mencatat/lupa akan PIN yang sudah di generete oleh system pendataan DAPODIKMEN, Maka operator yang bersangkutan bisa mengirimkan permohonan by Email ke salah satu tim teknis yang di tunjuk. bisa ke Bapak Sukari email: sukari.darno@gmail.com, Bapak Komang email: komangpur@gmail.com, Bapak Maryanto email: m4ryanto@gmail.com (SAlah satu saja, jika dalam waktu 1x24 jam belum mendapatkan layanan, maka bisa kirim ke tim yang lain. Seringkali operator mengirim ke tiga-tiganya, maka kami juga akan kesulitan untuk mendeteksi tim mana yang sudah melayani)
3. Proses Pengiriman akan menjadi butuh waktu atau lama karena data yang di kirim pada permohonan PIN tidak sama dengan data yang ada diserver pendataan DAPPDOIKMEN, oleh karenanya saya membutuhkan konfirmasi. ini sering terjadi karena pada saat Kegiatan pendataan yang di kirim adalah Guru B, padahal yang menjadi operator adalah Guru A yang pada saat yang bersamaan ada sebuah kegiatan. TIM teknisk akan mencoba melakukan konfirmasi dengan cara remote komputer dengan fasilitas program Teamviewer.
4. Kepala Sekolah bisa mengajukan permohonan dengan surat resmi(surat keterangan) by email apabila ada pergantian operator dan operator yang lama sdh tidak bertanggung jawab terhadapa pendataan lagi. kami tim teknis akan tetap melakukan konfirmasi seperti pada point 3 dan jika benar bisa memberikan infor sementara yang bisa digunakan untuk proses singkronisasi, sambil nanti surat ini nanti akan di forward ke Bapak Budi Permana untuk pergantiaan account operator yang digunakan untuk singkronisasi.

Bila Sudah mendapatkan PIN, maka PIN ini juga bisa dimanfaatkan untuk Login ke DAPODIKMEN dengan cara untuk Username NPSN dan Passwprd menggunakan PIN. BErikut Salah satu Contoh yang masuk ke email saya :

NAMA SEKOLAH : ....................
NPSN : .........................
No HP : ........................
EMAIL : ........................

Saya selaku operator PAS .......
  Nama    : ............
  Jabatan : Petugas Operator PAS .........
saya bermohon kepada Bapak untuk menginformasikan PIN PAS, agar Sekolah kami dapat melanjutkan data dari SI Integrator Sekolah kami.

Demikian permohonan ini saya perbuat, atas perhatian Bapak saya ucapkan terima kasih.

Sedangkan contoh berikut ini yang harus lengkapi atau masih harus konfirmasi email dan HP operator :
Mohon Pin Baru PAS SMA
Sekolah : .....................
NPSN : ........................


SEmoga informasi ini bisa bermanfaat.

Sukari DArno
http://sukari.info

No comments