Header Ads

test

Singkronsisasi PTK di DAPODIKMEN kok berbeda ??

Setelah menulis seputar PIN DAPODIKMEN, beriktunya adalah topik yang sering muncul dan ditanyakan oleh operator kepada tim teknis pendataan ditjen dikmen "DAPODIKMEN" adalah 1. Mengapa saya singkronisasi PTK mengalami kegagalan dan harus di sesuaikan data referensi NUPTK??. 2 Mengapa Data PTK SEkolah saya di DAPODIKMEN menjadi Nol (0). 3. Mengapa data PTK sekolah saya di DAPODIKMEN berbeda dengan yang ada  di data PAS?. 4. BAgaimana NUPTK yang ada direferensi NUPTK saya ternyata sudah tidak aktif, mutasi dan atau sudah menginggal dunia? 5. Bagaimana PTK yang masih belum memiliki NUPTK?? dan 6. Bagaimana Status NUPTK yang ada di DAPODIKMEN dan apa hubungannya dengan Verval padamu negeri ??. Simak Jawabannya di bawah ini.
1. Mengapa saya singkronisasi PTK mengalami kegagalan dan harus di sesuaikan data referensi NUPTK??.
Jawaban :
Sejak perubahan kebijakan  nama dari Pendataan Online Pendidikan Menengah ke DAPODIKMEN 2013 pada bulan Juli 2013, NUPTK dijadikan salah satu referensi pendataan, sehingga bila ada NUPTK di PAS belum terisi datanya dan atau belum ada di referensi DAPODIKMEN, maka data sekolah PTKnya tidak ada atau mengalami kegagalan. Langkah yang harus dilakukan adalah
a. lengkapi terlebih dahulu data PTK yang sudah ada di referensi NUPTK DAPODIKMEN
b. singkronisasi data Pegawai, jika masih ada pesan kegagalan NUPTK, diabaikan saja krn dimungkinkan masih ada PTK yang masih belum sesusi dengan referensi. lalu
c. cek data status PTK sekolah yang bersangkutan di data server DAPODIKMEN.

2. Mengapa Data PTK SEkolah saya di DAPODIKMEN menjadi Nol (0).??
Jawaban :
karena SEkolah yang bersangkutan belum update data PTK yang sudah terisi NUPTK dengan benar sesuai dengan referensi yang tersedia di Server DAPODIKMEN.

3. Mengapa data PTK sekolah saya di DAPODIKMEN berbeda dengan yang ada  di data PAS?.
Jawaban
Operator akan mencoba terus untuk menyesuaikan data antara di PAS di DAPODIKMEN, kalau ada perbedaaan atau tidak sama, biasanya ada kesalahan tulis. hal ini sering terjadi krn prosesnya melalui copy / paste, sehingga ada spasi di depan atau di belakang NUPTK yang tidak disadari, coba cek sekali lagi. Jika masih ragu, bisa cek di databasenya menggunakan tools sqlyog. lakukan Singkronisasi ulang pegawai nya. usahakan cache di browsernya di clear dan coba ulang lagi Singkronisasi Pegaawai. Tekan tombol F5 (refresh). Trik ini biasaya jitu dan sudah banyak operator yang sukses dengan cara ini untuk merefresh data PTK agar sama data antara di PAS dan DAPODIKMEN.
4. BAgaimana NUPTK yang ada direferensi NUPTK saya ternyata sudah tidak aktif, mutasi dan atau sudah menginggal dunia?
Jawaban :
Bagi SEkolah yang adatanya mengalami perubahan PTK krn mutasi, tidak aktif dan meninggal dunia, operator segera melaporkan perubahan NUPTK tersebut ke email budipermana@hotmail.com
5. Bagaimana PTK yang masih belum memiliki NUPTK?.
Jawaban :
Bagi PTK yang sudah memilik tapi belum terdaftar di DAPODIKMEN atau PTK yang belum memiliki NUTPK, maka operator bisa mendaftarkan PTK tersebut dengan cara :
a. Login ke DAPODIKMEN dengan username : NPSN dan Password : PIN
b. klik Referensi - Formulir NUPTK (tersedia sekali permintaan 10 formulir, namun kalau jumlah PTK nya lebih dari 10 bisa di daftarkan lagi)
c. isikan formulir NUPTK dengan lengkap dan benar, bila sudah punya silakan di isikan NUPTKnya, bagi yanag belum di kosongi krn nanti akan di generate oleh sistem dengan awalan 5758 jika sudah di approved
d. tunggu proses aproved oleh tim pendataan (1x24 jam)
e. untuk melihat sudah di approve atau belum coba pilih menu Status NUPTK
f. Bila sudah di Approved, maka NUPTK tersebut isikan di PAS pada biodata PTK pada isian NUPTK dan lakukan singkronisasi ulang.
6 Bagaimana Status NUPTK yang ada di DAPODIKMEN dan apa hubungannya dengan Verval padamu negeri
Status PTK yang belum memiliki dan sudah di daftarkan di DAPODIKMEN dengan awalan 5758.... adalah NUPTK yang dijadikan referensi Pendatataan DAPDIKMEN yang sifatnya SEMENTARA. Namun demikian data NUPTK sementara tersebut akan dilaporkan ke PDSP yang terkategorikan menjadi tiga bagian. VALID, INVALID , Sementara. Valid artinya sesuai dengan data yang dimiliki oleh pdsp, Invalid : Entri yang dilakaukan tidak sesuai (asal), Sementara : Data NUPTK yang didaftarkan melalui pendataan DAPODIKMEN. lalu bagaimana dengan hubungan dengan program padamu negeri. sampai dengan artikel ini di tulis, Server DAPODIKMEN tidak terhubung dan terkoneksi dengan program padamu negeri dan tidak saling terkait (terintegrasi satu sama lain). Insya Allah akan segera saya tulis lebih detail pro kontra, tarik menarik antara PAS Vs Padamu yang sering muncul di Internet.
Semoga jawaban ini bisa memberikan arah dan pencerahan bagi operator DAPODIKMEN di sekolah dengan PAS.
Tim Teknis Aplikasi PAS





No comments