Header Ads

test

Memperingati 1 Tahun Dapodikmen


Memperingati 1 Tahun Dapodikmen

Yth. Operator Dapodikmen
di Seluruh Nusantara

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Di hari yang berbahagia ini, kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Pengasih, kita panjatkan puji dan syukur. Atas izin, rahmat, dan karunia-Nya, kita semua berkesempatan untuk memperingati diresmikannya Dapodikmen sebagai Sistem Pendataan Nasional di Lingkungan Ditjen Pendidikan Menengah. Kemdikbud meresmikan Dapodikmen pada tanggal  2 Mei 2014. Tanggal 2 Mei dipilih karena tanggal itu merupakan Hari Pendidikan Nasional, kita ingin menggunakan semangat pendidikan sebagai dasar motivasi pendataan melalui Dapodikmen.
Bertepatan pula dengan hari Pendidikan, atas nama Tim Dapodikmen Pusat, izinkan saya menyampaikan apresiasi pada semua pihak, pada semua pelaku yang terlibat langsung maupun tidak langsung dengan Dapodikmen dimanapun berada, yang telah ambil peran aktif untuk mendorong perolehan data pendidikan menengah. Untuk para operator Dapodikmen yang telah bekerja keras tanpa henti menuntaskan pengiriman data pokok pendidikan menengah di sekolahnya masing-masing sehingga memudah pemerintah memberikan layanan pendidikan guna membangkitkan potensi peserta didik untuk menjadi manusia berkarakter mulia, yang mampu meraih cita-cita dan menjadi pembelajar sepanjang hidup, terimalah salam hormat dan apresiasi dari kita semua.
Operator Dapodikmen yang luar biasa,
Merujuk arahan Bapak Mendikbud bahwa Wajah masa depan kita berada di ruang-ruang kelas. Akan tetapi, hal itu bukan berarti bahwa tanggung-jawab membentuk masa depan itu hanya berada di pundak pendidik dan tenaga kependidikan di institusi pendidikan. Secara konstitusional, mendidik adalah tanggung jawab negara namun secara moral mendidik adalah tanggung jawab setiap orang terdidik. Mengembangkan kualitas manusia Indonesia harus dikerjakan sebagai sebuah gerakan bersama. Semua harus ikut peduli, bahu membahu, saling sokong dan topang untuk memajukan kualitas manusia Indonesia lewat pendidikan.
Kita sebagai operator Dapodikmen harus mengambil peran aktif mendukung arahan Mendikbud dengan menjadikan Dapodikmen sebagai sebuah Gerakan Kesadaran akan pentingya Sistem Pendataan Tunggal yang bersifat Nasional untuk menyelesaikan permasalah pendataan yang tidak pernah kunjung selesai. Tanpa adanya Data yang baik sangat sulit bagai Pemerintah memberikan layanan Pendidikan Secara Tepat dan Efisien. Dengan “Data yang Akurat” kita dapat menghemat banyak biaya untuk pembangunan pendidikan. Hal ini perlu kita lakukan mengingat anggaran pendidikan yang terbatas, namun di sisi lain kebutuhan akan anggaran pendidikan masih yang semakin banyak.
Operator Dapodikmen yang luar biasa,
Pada kesempatan ini, saya sampaikan apresiasi luar biasa kepada insan pendidikan yaitu :
Direktur Jenderal Pendidikan Menengah
Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah
Direktur Pembinaan SMA
Direktur Pembinaan SMK
Direktur Pembinaan PTK Dikmen
Direktur Pembinaan PKPLK Dikmen
Kepala Dinas Pendidikan Propinsi
Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota
Yang telah mengunakan Dapodikmen sebagai dasar pengambila kebuptusan dalam menjalankan program pendidikan menengah seperti pemberian dan penyaluran Dana Opeasional Sekolah (BOS), Program Indonesia Pintar, Beasiswa Khusus, Tunjangan PTK Dikmen, Beasiswa S1 dan S2 PTK Dikmen, Perencanaan Kebutuhan PTK Dikmen serta Penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan menengah.
Selain itu kami sampaikan apresiasi yang luar biasa juga kepada Kepala Sekolah Baik SMA, SMK dan SMLB yang telah memfasilitasi dan memperhatikan kebutuhan para operator Dapodikmen, sehingga para Operator Dapodikmen dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik tanpa kekurangan sesuatu apapun. Perhatian sekecil apapun dari para kepala sekolah walaupun baru sebatas ucapan “Terima Kasih” sangat berharga bagi para operator Dapodikmen dalam menjaga semangat kerja yang sangat menjemukan dalam mengentri data.
Operator Dapodikmen yang luar biasa,
Memperingati hari jadi ke-1 (pertama) Dapodikmen biasanya membawa arti tersendiri bagi setiap operator dapodikmen yang sedang memeringatinya. Ibarat seorang yang beranjak remaja lebih berarti kebahagiaan, menandai bertambahnya usia untuk menjadi lebih dewasa. Ini sering disertai dengan pesta dan kemeriahan menerima peluk cium serta hadiah dari keluarga dan kerabat yang mencintainya. Sungguh momen yang menggembirakan dan mungkin tak terlupakan. Pada momen ini kita ambil tema “DAPODIKMEN CERIA”
Dengan tema tersebut, Kita ingin hadirnya rasa kesadaran (PASSION) untuk menyayangi dan mencintai apa yang sedang dilakukan. Dan akan menjadi lebih hebat jika hobby bisa sekaligus menjadi pekerjaan, tentu kita akan mengerjakannya dengan penuh kenikmatan tanpa beban saat melakukannya. Mari belajar mencinta apa yang kita lakukan dalam pendataan Dapodikmen saat ini.
PASSION memberi kita optimisme luar biasa yang memungkinkan kita menuai capaian-capaian yang extraordinary. PASSION memunculkan produktivitas luar biasa, produktivitas di luar batas kemampuan kita. PASSION membalik beban dan stress menjadi energi kerja yang luar biasa. Passion memberikan kita keyakinan dalam mencapai apa-apa yang kita inginkan. PASSION memicu kita untuk memiliki daya kreasi yang tak mengenal batas.
PASSION IS ABOUT PERFORMANCE.  Orang yang memiliki passion akan memiliki sense of achievement dan selalu tergoda untuk menciptakan karya dan capaian luar biasa. Ia selalu mencari tantangan dan peluang untuk mewujudkan capaian-capaian di luar zona kenyamanan yang melingkupinya. Dalam mewujudkan capaian yang luar biasa mereka tidak memerlukan insentif atau penghargaan dari luar, karena energi untuk mencapai yang terbaik selalu datang dari dalam dirinya sendiri: “Passion is ultimately driven by intrinsic motivation rather than extrinsic rewards”.
PASSION IS ABOUT RISK-TAKING. Bagi orang yang memiliki PASSION, gelas yang terisi air setengahnya, akan dikatakan gelas itu “setengah penuh”, bukannya “setengah kosong”. Segala bentuk tantangan dan risiko akan mereka lihat sebagai “jembatan” untuk mencapai sesuatu yang lebih baik, sesuatu yang sebelumnya tak pernah ada. Karena itu orang yang memiliki PASSION selalu bisa lepas dari segala bentuk krisis dan ketidakmenentuan. “For passionate person, risk becomes reward. They see that risk is the only way to discover new things and explore new territories.”
PASSION IS ABOUT CONNECTING. Orang yang memiliki PASSION selalu mencari orang lain yang memiliki PASSION yang sama untuk berbagi dan bersama-sama mewujudkan apa yang ingin mereka capai. Ia selalu menyadari bahwa cara terbaik untuk mewujudkan tujuan dan misi adalah dengan berhimpun, berbagi, dan belajar dengan orang lain. “Passion lead us to seek out and connect with others sharing our passion. A passionate person is not a lone hero.”
PASSION IS ABOUT AUTHENTICITY. PASSION datang dari lubuk hati yang paling dalam, tanpa dibuat-buat, tanpa direkayasa. Ia merupakan “suara hati” yang memberi energi dan tenaga hidup luar biasa. Ketika seseorang memiliki passion terhadap sesuatu hal, maka sesuatu hal itu memberinya makna hidup dan identitas hakiki, dan dengan itu ia mengabdikan dan mengontribusikan seluruh hidupnya untuk orang banyak. Dalam The 8th Habit, Stephen Covey menyebutnya sebagai “voice”. Kata Covey: “Find your Voice, and inspire others to find theirs”.
Selamat Hari Pendidikan Nasional, Selamat Hari Dapodikmen, Jayalah Indonesia.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kepala Sub Bagian Data dan Informasi
Ditjen Pendidikan Menengah

Arie Wibowo Khurniawan

Note :

Daftar Pustaka
Sambutan Mendikbud pada Hardiknas 2015
Passion, the Ultimate Ingredient of Success, Yuswohady

No comments