Header Ads

test

INUL Aplikasinya dan Goyang Datanya (bagian 1)

Istilah "INUL Aplikasinya" dan "Goyang Datanya" lagi  rame  diperbincangkan pada Group group WA yang saya ikuti pasca rilis Aplikasi. Tulisan ini saya sengaja dibuat berseri agar tidak terlalu panjang dan by kasus per kasus. saat hari pertama Aplikasi Dapodik 2018 rilis, dominan yang inbox ke WA saya  adalah Gagalnya beberapa sekolah SMK yang melalukan proses Updater Aplikasi. karena gagal itulah media yang mereka gunakan adalah bertanya di sosial media agar mendapatkan solusi tercepat. namun solusi yang diberikan teman teman di sosial media itu ternyata belum membuatkan hasil yang diharapkan.
Berikut kronologisnya.. 
1. Setelah melakukan Updater dan berhasil, ternyata Aplikasi tidak berjalan sebagaimana biasanaya.. sebelum proses updater.. aplikasi berjalan dengan normal. Saran untuk melakukan start pada Database dan web pun sudah dilakukan. berikut tampilan yang tidak bisa berjalan.

 
   

Aplikasi tak berjalan dengan semestinya dan jika pada servicenya running baru aplikasi bisa dijalankan.

2. karena sudah tidak bisa, maka di rekomendasikan untuk di INUL. kaget yang bersangkutan.. INUL? Apa itu, maklum karena bisa jadi untuk teman teman yang sudah biasa akan wajar wajar saja.. maksunya adalah di minta untuk jalan keluar terakhir yaitu Install Ulang Aplikasinya.
3. Tahapan Install ulang dan menggunakan installer Aplikasi Dapodik 2018a. dan ternyata Instalasinya berhasil dengan sukses dan aplikasipun bisa berjalan dengan Normal. ada yang membuat kaget lagi adalah Pembelajaran KOK kosong lagi.. Hemsmsss apalagi ini. Lapor ke Group lagi, ternyata ada yang menyarankan untuk membaca buku panduan. Buku panduan juga sudah di bacanya. tapi bingung gara gara kok di Pembelajaran jam Maxnya menjadi kosong. Ayooo di goyang datanya.. (ha ha ha, temen temen di Group memberikan semangat) ..., artinya ada data yang max jam tidak ada harusnya ada dan tersedia kalau prosesnya benar. 
BErikut ini adalah salah satu testimoni dari Ibu Susi Operator SMK Dr Soetomo Surabaya. Tahapan yang dilakukan setelah mendapatkan informasi dari Group WA Dapodikdasmen Jawa Timur. :
Langkah2 untuk setting Kompetensi keahlian untuk spektruk kurikulum yang baru :
1. Pilih sekolah --> pilih Kompentensi keahlian dilayani --> pilih tambah -- > setelah muncul tampilan tambah kompetensi keahlian satuan pendidikan ketikan program keahlian di menu cari jurusan --> contoh : Akuntansi dan keuangan --> klik program keahlian tsb lalu --->> pilih 
2. Setelah diklik pilih --> maka pilihan tadi akan tampil dimenu form edit kompetensi keahlian satuan pendidikan --> lalu masukkan Sk ijin dan tanggal sk ijin ---> simpan dan tutup
3. Lakukan cara yang sama untuk sekolah yang memiliki lebih dari 1 program/kompetensi keahlian
4. Pastikan bahwa hasil yang tertampil di kolom kompetensi keahlian yaitu tanda ( - )

Langkah untuk merubah rombongan belajar dengan program/kompetensi keahlian sesuai spektrum kurikulum  yang baru:
1. Klik rombongan belajar --> reguler --> klik rombel yang mau diedit ---> klik 2x program/kompetensi keahlian sat. Pendidikan di rombel tsb ----> ganti dengan program/kompetensi keahlian dg spektrum yg baru yang sudah ditambahkan tadi di menu sekolah(kompentensi keahlian) 
2. Setelah diganti program/kompentensi keahlian sesuai spektrum baru ---> edit kurikulum dg mengunakan kurikulum SMK 2013 REV. (Program keahlian) ---> klik simpan
Contoh : program keahlian : Akuntansi dan keuangan maka tampilan kurikulum --> SMK 2013 REV. Akuntansi dan Keuangan.
3. Lakukan cara yang sama untuk sekolah yang memiliki lebih dari 1 rombel .
4. Cek pembelajaran di tiap2 rombel apabila seting nya sudah betul seperti langkah diatas maka jam max pasti akan muncul..

Tampilan Max Jam pada pembelajaran

 Kontributor Testimoni Ibu Susi Operator SMK Dr Soetomo Surabaya.. Makasih bu ya terlah berbagi pengalaman.
Catatan : tidak semua permasalahan harus di lakukan Instal Ulang, Max Jam yang masih kososng sebenarnya bisa dilakukan dengan cara melakukan updater saja. 
Tulisan lain berkaitan merubah data max jam agar bisa tampil bisa di baca pada tulisan bagian berikutnya tentang INUL Aplikasinya dan Goyang datanya pada bagian berikutnya.
Semoga bermanfaaat

No comments