Header Ads

test

INUL Aplikasinya dan Goyang Datanya (bagian 14)


Tulisan ini dikhususkan buat Sekolah yag mengalami kasus khusus terkait dengan data yang berbeda antara di vervalpd dan dapodik yang menyebabkan data siswa kelas XII tidak masuk  pada pendataan Ujian nasionaol. ketepatan kasus ini juga sempat menjadi diskusi dengan tim saat ada evaluasi Satgas Dapodik SMA. Keanehakn data kelas XII yang masuk ke kelas X. padahal setelah di cek di dapodik data peserta didik, registrasi peserta didik, tanggal masuk dan jenis pendaftaran di anggota rombel juga sudah benar adanya. kasus ini terjadi pada Bapak Windi Eka Samudera dari SMA Negeri Tegal Ombo. karena penasaran, saya mencoba untuk langsung melakukan remote. melakukan cek data satu persatu. dan beberapa saya merekomendasikan apa yang harus dilakukkan. berikut kronologis kasus yang dialami pak Eka Samudra. 
Begini kronologinya Hasil dari pengalaman pribadi, seiring dengan Entry Kelengkapan Kualitas Data. Sambil lalu melengkapi Data Kelas XII, mulai dari Cek Nama, NISN, No. Peserta Ujian, No. Ijazah dan No.SKHUN. Selesai entry kemudian sync, karena Syncronisasi berhasil saya anggap semua data sudah terkirim ke Server Dapodikdasmen dan benar adanya Data Rekap Jumlah PD yang ditampilkan di laman
dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id sudah sama dengan hasil syncronisasi.


Gambar 1. Jumlah Total Data PD benar 419 tetapi Jumlah per Tingkat Kelas belum sesuai.

Gambar 2. Jumlah Total Data PD benar 419 dan Sesuai jumlah PD per tingkatnya.

Pada Suatu saat setelah sekian minggu coba cek data Calon Peserta Ujian Nasional (CPUN) di laman pdun.data.kemdikbud.go.id data Kelas XII tiba – tiba berkurang. Kenapa saya bilang tiba – tiba karena 1 bulan yang lalu sebelum kejadian data bermasalah. Jumlah Data PD untuk kelas XII sudah benar, karena juga sempat download file excel CPUN dari laman pdun.data.kemdikbud.go.id. File download tanggal 30 September 2017 jumlah Data PD terekap masih 140 CPUN. Sambil lalu perbaikan data Kelas XII ada beberapa CPUN yang sudah terdaftar mengundurkan diri 3 PD. Alhasil saya harus cek satu persatu Data PD bahkan sampai ke Anggota Rombelnya, akan tetapi Jika dilihat kasat mata tidak ada Data yang aneh ataupun salah masuk rombel. Dan termasuk Data PD Kelas XI yang masuk ke Server masuk ke Server Dikmen dan ODS.
Akhirnya teringat tulisan Pak Sukari tentang Goyang Datanya, akhirnya mencoba memberanikan diri ikut Goyang Data saya…..
Langkah –Langkah sebagai berikut :
  1. Pastikan Aplikasi Dapodik menggunakan Installer 2018.a bukan updater 2018.a;
  2. Cek Data yang bermasalah pada tiap rombelnya;
  3. Keluarkan data PD yang bermasalah dari Rombel yang bersangkutan;
  4. Kemudian lakukan Validasi;
  5. Setelah di validasi akan kelihatan data yang Invalid;
  6. Kemudian masukkan Peserta Didik ke dalam Rombel masing2;
  7. Lakukan validasi sekali lagi;
  8. Kemudian Syncron.
  9. Pastikan data sudah benar di vervalpd.data.kemdikbud.go.id
 Alhamdulillah, dapat beberapa waktu saya dapat informasi data yang bermasalah sudah pulih kembali. dan masuk pada jenjang yang sesuai dengan kondisi yang ada di sekolah. Nah ketepatan pada saat yang bersamaan. ada teman yang mengalami hal yang sama. sehingga rekomendasi saya untuk mengoyang datanya yang selisih tadi sesuai dengan yang di alami oleh pak Eka Samudra.. Semoga kasus yang sama ini bisa membantu temen teman. apalagi kelas XII yang akan mengalami simulasi UNBK 1.


No comments