Header Ads

test

COACHING – LEADING AND MANAGING CHANGE



SMA Muhammadiyah 1 Gresik sekali lagi memperoleh kepercayaan untuk dapat mengikuti pendidikan dan latihan coaching (leading And managing Change) yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa yang dilaksanakan pada tanggal 28 s.d 31 Oktober 2011 di hotel matahari Jokjakarta. Pelatihan dan Latihan ini diikuti oleh 25 kepala sekolah RSBI SMA dan SMK dari 18 provinsi indonesia.

Narasumber dari pendidikan dan latihan ini adalah Mr TOM Whittingham (Head of external Development, institute of education, University of Worcester dan Liz Townend (Teaching and Learning Advisor, professional Development South Gloucestershire Council) dan Bp Wastandar, MA, Ph.D selaku kasubdit program dan evaluasi Direktorat Pembinaan PTK dikmen.

Dari pelatihan dan latihan ini kepala sekolah RSBI diberikan konsep Coaching GROW (Goal, Reality, Option, Will). Dilatih untuk menjadi Coach, Coachee dan Observer. Bagaimana menjadi seorang Coach yang berhasil mengarahkan, memberikan motivasi dan memberikan solusi pada couchee. Couchee belajar meyampaikan permasalahan yang sedang dihadapi dan menentukan sendiri target dan tujuan yang akan harapkan. Diajari juga bagaimana menjadi pengamat yang baik, menjadi pendengar yang baik dan tidak diperbolehkan untuk ikut campur sama sekali apa yang sedang terjadi antara coach dan coochee. Belajar juga menjadi seorang pemimpim dan mengenali gaya gaya kepemimpinan, Evaluasi diri dan menjadi pembelajar sejati. Dan selama 4 hari materi sangat menyenangkan karena hampir 80% berupa game game yang cukup mengasyikkan, sehingga hampir seluruh peserta dengan mudah kita mengenal dengan baik.

No comments