Header Ads

test

Telusuri Jejak Pemanfaatan TVDLP 2012

Sejak kegiatan Workshop TVDLP (Teknologi Virtualisasi di lingkungan pendidikan)  saya gelar perdana tanggal 6 Mei 2012 sampai dengan seri advance 2 "INtegrasi CMS Balitbang" di SMA Labschool Jakarta alhamdulillah ada beberapa sekolah yang sdh mulai memanfatkan teknologi ini dilingkungan Sekolahnya.
Salah satu peserta seri advance 1 yang sdh implementasi adalah Bapak Nurhadi dari SMA Negeri 1 Depok. Beliau sdh melakukan instalasi untuk multidomain dan sdh berjalan dengan baik. Saat kegiatan seri advance 2 "Integrasi CMS Balitbang dan PAS" Beliau saya minta untuk berbagi cerita dg teman peserta yang lain krn banyak yg kesulitan harus dimulai dari mana dulu untuk instalasi TVDLP yg server.
Lain halnya dg Bp Aris Munandar dari SMA 3 Sukabumi, karena keinginan beliau untuk hadir (saat iitu kuota sdh habis) dan setelah mendapatkan tambahan kuota alhamdulillah ada lima peserta bisa terakomodir. Belia setelah pelatihan bisa langsung terpkan untuk website yang ada di sekolahnya.
Pada tanggal 3 Januari 2013, saya sangat bersyukur, salah satu peserta dari SMA Muhammadiyah Wonosobo Bp Drs Supriyanto menunjukkan Laptop yg di bawanya sdh seperti yg saya gunakan menggunakan linux mint 13 (maya) dan sdh sudah familiar menggunakan. Pada saat saya ke SMA Muhammadiyah Wonosobo ini Pak Pri (pangilan akrab beliau) lagi kesulitan instalasi VMware ESXI versi 5 yang saat membuat mesin virtual baru dinyatakan ada peringatan hardisk full padahal server PAS masih hanya digunakan 300 GB sedangkan Total 1 Tb, harusnya masih tersisa 650 GB.
Alhamdulillah setelah ditelusuri ketemu solusinya. Dan mulailah saya install Ubuntu 12.04 LTS (long term support) untuk selanjutnya saya install virtualmin untuk membuat multidomain. Beberapa blog guru sdh berhasil dibuat diantaranya : http://zulfan.smamuhwsb.sch.id  http://guru.smamuhwsb.sch.id http://supriyanto.smamuhwsb.sch.id
Untuk blog guru guru yang lain akan segera menyusul termasuk untuk blog organisasi siswa misalkan OSIS, Pramuka, Marching Band dan lain lain.Semoga kehadiran blog di sekolah menjadi salah satu media untuk menuliskan ide, gagasan dan diskusi yg menyenangkan disekolah.
Dan Semoga pula ditahun 2013 ke depan segera ada kegiatan serupa di kota Bekasi (omjay), di Surabaya (mas yasin) dan dikota kota lain di indonesia.

Ditulis saat perjalanan ke SMAN 1 Bumiayu Jawa Tengah (7-1-2013)

Sukari Darno

No comments