Header Ads

test

Panduan Entri Data Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0 (Data Identitas Sekolah)

Yth. Bapak/Ibu Operator Dapodikmen
di Seluruh Nusantara



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.2.0 yang terdapat beberapa perubahan prosedur entri data, salah satunya pada data identitas sekolah. Berikut beberapa perubahan prosedur entri data Identitas sekolah:

1. Data Identitas Sekolah
Jika pada versi sebelumnya data identitas sekolah berupa data “desa/kelurahan” belum diisi, maka pada beranda Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.2.0 akan ditampilkan data invalid pada Desa, Kecamatan, Kabupaten/Kota, dan Propinsi.
 
Pembenahan melalui Pembaruan:
Setelah dilakukan pembenahan lewat menu Cek Pembaruan, maka yang ditampilkan invalid hanya pada data Desa saja.

Perlakuan:

Lakukan edit data identitas sekolah berupa data alamat dan Desa pada laman: http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/, silahkan login menggunakan akun yang telah diregistrasi pada laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id/. Masuk pada menu edit pada data identitas sekolah dan lakukan update data alamat dan pilih  nama desa dari daftar pilihan kemudian simpan. Setelah beberapa waktu silahkan cek pengajuan edit data identitas pada menu “ List Pengajuan”  dan jika telah di approve/setujui oleh admin PDSP maka selanjutnya cek data profil sekolah pada laman:http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/. Jika data alamat sekolah telah update sesuai pengajuan di vervalsp maka lakukan sinkronisasi dari Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.2.0.

Catatan:

Apabila pada saat melakukan edit data Desa pada laman: http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/ data desanya tidak ada dalam pilihan, dan juga apabila ada kesalahan/perubahan pada nama sekolah, data kecamatan, data Kabupaten maka silahkan silahkan hubungi Helpdesk PDSP: Gedung C Lantai 1 Kompleks Kemdikbud Senayan Jakarta, 10270 Call center : 177 Telp : 021 5703303 Fax : 021 5733125 SMS : 0811976929 Email : pengaduan@kemdikbud.go.id.

Perhatian:

Data Desa/wilayah yang dinyatakan invalid tidak menghambat proses sinkronisasi, artinya sinkronisasi tetap dapat dilakukan walaupun pada proses validasi data wilayah masih ada dalam daftar data yang invalid.

 
2. Data Lokasi Sekolah
Data lokasi sekolah berupa data titik koordinat garis lintang dan garis bujur tidak dapat lagi langsung diisi/diedit pada aplikasi.
 
Perlakuan:
Pengisian/edit data lokasi sekolah dilakukan pada menu edit data spasial di laman: http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/, silahkan login menggunakan akun yang telah diregistrasi pada laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id/. Cek pengajuan edit data koordinat(spasial) pada menu “ List Pengajuan”  dan jika telah di approve/setujui oleh admin PDSP maka selanjutnya cek data profil sekolah pada laman: http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/. Jika data garis lintang dan garis bujur telah update sesuai pengajuan di vervalsp maka lakukan sinkronisasi dari Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.2.0.
 
 
3. Data Pelengkap Sekolah
Data pelengkap sekolah meliputi data: SK pendirian sekolah, tanggal SK pendirian, SK izin operasional dan tanggal SK izin operasional. Data-data tersebut tidak dapat diisikan dan di edit langsung di aplikasi.
 
Perlakuan:
Pengisian dan edit data pelengkap sekolah dilakukan pada menu edit data dokumen di laman:http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/, silahkan login menggunakan akun yang telah diregistrasi pada laman:http://sdm.data.kemdikbud.go.id/. Masuk bagian dokumen dan klik tombol edit kemudian lakukan update data. Isikan/edit  SK pendirian sekolah, tanggal SK pendirian, SK izin operasional dan tanggal SK izin operasional kemudian lampirkan dokumen pendukungnya lewat tombel browse dan setelah selesai klik tombol simpan. Setelah beberapa waktu silahkan cek pengajuan edit data dokumen pada menu “ List Pengajuan”  dan jika telah di approve/setujui oleh admin PDSP maka selanjutnya cek dokumen dan perijinan sekolah pada laman: http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/. Jika data dokumen dan perijinan telah update sesuai pengajuan di vervalsp maka lakukan sinkronisasi dari Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.2.0.
 
Demikian panduan entri data seputar data Identitas Sekolah pada Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0. Pada seri berikutnya kami akan berikan panduan entri data untuk seputar Data Rinci  Sekolah.
 
 
      Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
 
      Salam Satu Data,
      Admin Dapodik SMA-SMA
   

No comments