Header Ads

test

Workshop Pengembangan konten bahan ajar berbasis Mobile Learning E-Sabak

Pada tanggal 8 dan 18 September 2015 saya mendapat kesempatan untuk bisa berbagi bersama teman teman guru. Untuk yang tanggal 8 september 2015 bersama sama dengan perwakilan guru SMA se Jawa TImur yang masing masing kabupaten ada 2 Sekolah.  Ketepatan salah satu sekolah SMA yang di undang adalah SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Sedangkan untukn tanggal 18 September bersama dengan guru guru SMK.
Walaupun pelaksanaan kegiatan pada tanggal 8 September 2015, tapi saya datang pada tanggal 7 Spetember 2015 malam untuk persiapan alat yang baru saya kenal. Awalnya saya meminta pada panitia untuk pengadaan alat yang bisa digunakan untuk demo. Alat yang saya rujuk adalah Windroid. 1 Tablet yang didalamnya ada 2 OS yang bisa dimanfaatkan yaitu windows mobile dan Andorid. Namun panitia melalui Pak  Munir menyediakan alat Dongle yang belum pernah saya gunakan sebelumnya. Testing pun saya lakukan agar disaat besok presentasi sudah OK  semua.

Materi Presentasi di presentasi saya beri judul “Pemanfaatan Esabak dengan dukungan All In One Server”.  Dalam paparan ini juga saya share pengalaman pribadi dalam mengembangkan TIK di Sekolah. Tahap demi tahap termasuk tantangan yang dihadapi saat implementasi termsuk apa saja yang saya gagal dalam menggapai mimpi sekolah berbasis TIK di Sekolah.

2 sesi yang diberikan oleh panitia serasa cepat begitu saja, mengingat Tanya jawab seputar tentang pengembangan TIK di sekolah dengan berbagai permasalahannya tenyata hampir sama yang di hadapi sekolah sekolah dalam rangka mengembangan TIK Sekolah.
Ketepatan pada tanggal 8 September 2015 itu juga ada salah satu sekolah yang sudah menggunakan fasilitas All In One Server, namun perlu mendapatkan dukungan dari kepala sekolah dan bisa saya jadikan contoh pada saat workshop bagaimana fitur yang ada ini kemudian bisa berada di sekolah dan bisa diakses secara intranet namun juga bisa di akses secara internet.
Tak lupa pada workshop inii saya mendemokan perangkat Anycast yang sudah di sediakan oleh panitia. Dengan Anycast ini  dapat menduplikasi tampilan yang ada di laptop dan Android ke layar secara bergantian. Pada perangkat Anycast ini ternyata ada yang bisa dan ada yang belum, walapun fitur yang digunakan sama, yaitu layar transmisi, mirroring Screen, Play to. Dst. Masing masing produk HP ternyata juga bermacam macam. Ini kayaknya harus ada info yang lebih detail tentang hal ini (insya allah saya tulis khusus masalah ini).


No comments