Header Ads

test

Menjadi peran pengganti, Siapa Takut ?



Di akhir bulan Desember 1996, saya di panggil oleh Pimpinan Sekolah. Inti dari Pemanggilan saya ke pimpinan adalah saya diminta membantu menjadi Guru Pengganti Ekstra Kurikuler Pendidikan Komputer. Penggantian ini dilakukan karena ada salah satu guru Ekstra Pendidikan Komputer yang Cuti melahirkan selama 3 bulan. Disaat yang sama, saya masih menjadi Staf Tata usaha bidang Sarana Prasarana dan kuliah Pendidikan Matematika di UMG semester 5. 
Salah satu pertimbangan menentukan peran pengganti adalah agar proses dan aktifitas Ekstra Kurikuler Pendidikan computer tidak terhenti dan bisa berlangsung sebagaimana biasanya. Dan Menentukan sosok peran pengganti, pastilah Pimpinan Sekolah sudah mempertimbangkan berbagai aspek baik dari sisi kelebihan dan kekurangannya.
Kepercayaan dan kesempatan yang telah diberikan untuk menjadi peran pengganti saya manfaatkan dengan baik untuk belajar. Belajar menyampaikan kepada siswa apa yang telah saya pelajari sebelumnya dan Belajar menguasai kelas, mengingat Fakultas saat kuliah saya ada di FKIP Jurusan Matematika. Setelah waktu berjalan selama 3 bulan, ternyata peran pengganti yang harusnya sudah habis masanya yaitu 3 bulan ternyata berlanjut dan bahkan pada Jam pelajaran Ekstra Pendidikan Komputer yang awalnya hanya sebatas guru pengganti menjadi Guru Ekstra Pendidikan Komputer. Profesi Menjadi Guru Ekstra sampai Menjadi Guru TIK saya jalani hingga saat ini.

Dari perjalanan menjadi Guru TIK, banyak hal yang bisa saya pedomani diantaranya, Belajar dan Belajar lah terus untuk mendapatkan ilmu sebagai bekal beramal. Jangan Pelit Ilmu, berbagilah kepada sesama karena ilmu yang kamu miliki tidak akan berkurang jika berbagi. Tolong dan Bantu Sesama, kau pasti akan dibantu dan dimudahkan orang lain juga serta  Man Jadda Wajada.
Namun diawal 2019, saat saya sedang program di NC Fit Smile, Coach Nova bertanya kepada  saya, Apakah boleh bu Elis membantu saya di tanggal 25 – 27 Januari 2019 membuka NC ? Saya jawab singkat, Boleh. Bagi saya, Coach Nova memang sedang meminta izin saya sebagai suami untuk istrinya bisa membantu membuka NC dan saya mengizinkan, karena memang ini adalah kepercayaan dan Kesempatan untuk bisa membantu dan memberikan pelayanan kepada Customer untuk tetap bisa terlayani dengan baik.
Tanggal 25-27 Januari 2019, coach Nova bersama owner NC yang lain sedang menghadiri acara Herbalife level nasional yaitu Spectakuler di Bogor. Saya sangat mendukung istri untuk bisa belajar memberikan pelayanan kepada Custumer untuk bisa melanjutkan program Sehat ala Herbalife, dan saya baru sadar ternyata Nutrition Herbalife mendukung GERMAS, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Semoga istri yang saat ini menjadi menjalani peran pengganti  dapat belajar dan istiqomah untuk bisa membantu keluarga dan sesama untuk mengajak hidup sehat.

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya. [Surat Al-Ma’idah 2]

No comments