Header Ads

test

Sebuah catatan praktek baik menuju 100% kualitas data tahun 2019 (bagian 1)

Direktorat Pembinaan SMA selaku pengguna data dapodik berkomitmen untuk meningkatkan dan mendorong kualitas data jenjang SMA. Langkah strategis untuk peningkatan kualitas data dapodik diantaranya dibentuknya tim satgas data SMA sejak tahun 2017. Tim satgas SMA sendiri terdiri dari unsur tim pusat (PDSPK, Setditjjen Dikdasmen dan Direktorat PSMA), unsur dari Dinas pendidikan Provinsi bidang SMA, Unsur dari LPMP Provinsi dan perwakilan dari Operator Sekolah.
Dalam setiap Rapat Kordinasi tim satgas, masing masing provinsi membuat rencana program untuk membantu operator Sekolah dalam proses peningkatan kualitas Data. Pada tahun 2018, tim satgas papua menyadari jika progres sinkronisasi dan kualitas data perlu mendapatkan perhatian. Petemuan Operator Sekolah di kota Jayapura Provinsi  Papua dilakukan untuk memberikan sosialisasi komponen yang harus dilengkapi dan perlu mendapat perhatian agar kulairas datanya bisa meningkat.
Salah satu sekolah yang mendapatkan peringkat kategori rendah adalah SMAN 4 Jayapura dengan prosentase rata rata kualitas data saat itu adalah 89.45%. Melihat kualitas data SMA yang dimiliki, maka Ibu Francy Devy Herawati Utama, S.HUT melaporkan kondisi data yang ada kepada kepala Sekolah. Kepala sekolah selaku penanggung jawab data mendukung sepenuhnya dan mengawal kebutuhan proses peningkatan Kualitas data sekolah. Segala kebutuhan Operator yang berkait erat dengan pendataan selalu disupport sepenuhnya.
Dengan support dan dukungan dari Kepala sekolah itulah, Operator Sekolah melakukan beberapa langkah strategis menuju kualitas data 100% diantaranya :
1. Membaca seluruh panduan yang terkait dengan pendataan, regulasi atau peraturan yg terkait dengan pendataan. Budaya membaca inilah yang memperkuat operator memberikan sosialiaasi dan penguatan akan pentingnya data.
2. Melakukan persiapan dokumen dokumen yang terkaita dengan pendataan sudah dipersiapkan sebelum aplikasi rilis.
3. Berkomunikasi dan koprdinasi dengan wali kelas, guru dan siswa terkait dengan kelengkapan data yang masih belum tersedia
4. Bersama kepala sekolah berusaha untuk emalukan proses dan alur bagi guru guru yang belum mendapatkan NUPTK.
5. Door to door langsung ke pihat terkait bila ada data yang terkait dengan kualitas data.
Dengan langkah strategis yang dilakukan dengan kualitas data terbaik di provinsi papua,  maka Sekolah ini pada tanggal 19 sd 21 Agustus 2019 dapat mengikuti Workshop Peningkatan Kualitas Data SMA tahap 1. Ibu Francy Devy Herawati Utama, S.HUT selaku operator SMAN 4 Jayapura saat diminta berbagi praktik baik kepada temen temen operator dalam 1 kelompok pun awalnya tak mampu untuk memulainya. Yang kemudian oleh pak Joko Aris Pramono selaku tim satgas dari unsur Papua memberikan kronologis atas proses peningkatan kualitas  yang terjadi di SMAN 4 Jayapura. Dan akhirnya Francy Devy Herawati Utama, S.HUT pun bercerita dan berbagi pengalaman, seorang diri dengan jumlah siswa 1521 siswa. Kualittas data yang awalnya 89.45% menjadi 99.72%. Kerja keras dan kegigihan ibu Francy Devy Herawati Utama, S.HUT sekarang SMAN 4 Jayapura mendapatkan Apresiasi dari Direktorat Pembinaan SMA menjadi salah satu dwri 10 Sekolah terbaik tingkat Nasional dalam hal kualitas data SMA.
Selamat atas prestasi yang telah diraih oleh  SMAN 4 Jayapura. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi Sekolah di seluruh Indonesia.
Tim satgas dari Unsur Sekolah Bpk Joko Aris Pramono menyambut baik apresiasi dan penghargaan yang telah diberikan dan disampaikan ke group Dapodik SMA papua untuk bisa menjadi motivasi pada sekolah yang lain.
“Strategi, taktik dan motivasi dilakukan untuk upaya peningkatan kualitas data yang lebih baik”
JOKO ARIS PRAMONO TIM Satgas data SMA Provinsi Papua 2018 sd 2019

SALAM SATU DATA
MAJU BERSAMA HEBAT SEMUA

Sukari Darno
Korwil Prov. Papua

No comments