Header Ads

test

SEBUAH CATATAN PRAKTEK BAIK MENUJU 100% KUALITAS DATA TAHUN 2019 (BAGIAN 3)

Salah satu Sekolah yang mendapatkan apresiasi dari Direktorat Pembinaan SMA menjadi 10 Sekolah terbaik tingkat Nasional pada Workshop Peningkatan kualitas Data SMA tahap 1 adalah SMAN 1 Tanjung Lubuk Sumatera Selatan . Pada awal tahun Pelajaran 2018/2019, sekolah ini masuk kategori sedang dengan kualitas rata rata 93.36%. Bapak Anang Purnomo Kurniawan selaku koordinator satgas Provinsi Sumatera Selatan melakukan beberapa layanan untuk peningkatan kualitas data Dapodik SMA di Wilayah Sumatera Selatan. Roadshow ke Kabupaten/Kota bersama tim satgas dari unsur sekolah dan LPMP dilakukan untuk melakukan sosialisasi tentang peningkatan data dapodik dan pendampingan kepada Sekolah. Hasil dari layanan dan pendampingan pada sekolah sekolah ini kemudian ditampilkan progres dan informasi seputar permasalahan Dapodik SMA pada laman khusus yang dibuat oleh tim Satgas Dapodik SMA.
Informasi yang ada dilaman satgas dapodik SMA inilah kemudian dapat dipantau dan dimonitor oleh Kepala Sekolah dan Operator Dapodik SMA. Dengan Kepala Sekolah dan Operator data SMA dapat melihat progres kualitas ini berusaha keras untuk dapat segera melengkapi data menuju 100%. Bpk H. Anis Joko Santoso, S.Pd.MM. selaku Kepala sekolah yang bertanggung jawab terhadap data sekolah mendukung sepenuhnya apa yang dilakukan Bapak Yomi Rosadi, A.Md dalam rangka persiapan dan proses entri data Dapodik SMA. Kerja keras dan kegigihan Bapak Yomi Rosadi, A.Md mampu meningkatkan data yang awalnya 93,36% menjadi 99.95% dengan jumlah 679 siswa. 
Jika SMAN 9 kota Jambi untuk meningkatkan kualitas data dengan pelibatan Tim untuk entrian data menuju 100, tidak demikian dengan SMAN 1 1 Tanjung Lubuk Sumatera Selatan. Bapak Yomi Rosadi, A.Md seorang diri untuk bisa melakukan proses peningkatan kualitas data dapodik SMA. Saat menyampaikan praktik baik yang dilakukan di sekolahnya dihadapan peserta Workshop Peningkatan Kualitas tahap 1 pada tangg; 19 sd 21 Agustus 2019 beberapa strategi dilakukan diantaranya :
1. Menjalin Komunikasi yang baik dengan Satgas Dapodik Provinsi dan Rekan-rekan Operator Sekolah dr sekolah lain tentang pendataan Dapodik dan Membaca seluruh panduan yang terkait dengan pendataan, regulasi atau peraturan yg terkait dengan pendataan. 
2. Optimalisasi Whatssp Grup di Sekolah terkait kelengkapan data guru dan tendik, Jika masih ada guru dan tendik yang tidak mengumpulkan data, maka daftar nama guru dan tendik tersebut di serahkan kepada Kepala Sekolah dan Kepala Sekolah memanggil guru dan tendik tersebut sehingga mereka langsung melengkapi data tersebut.
3. Berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Wakil Kepala Sekolah Urusan Saspras tentang data Kelengkapan Sapra dan data sekolah
4. Pemberdayaan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk menjaring data dari peserta didik baru. Berkoordinasi dengan Panitia pelaksana MPLS untuk meminta waktu membagikan formulir Peserta didik, dan menjelaskan kepada siswa point-point yang ada pada formulir tersebut serta memberikan informasi tentang lampiran-lampiran yang perlu di kumpulkan seperti Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan KIP, PKH, KIS bagi siswa yang kurang mampu. Jika Kartu keluarga dan Akte Kelahiran siswa tersebut tidak ada maka memberi tahu siswa tersebut untuk segera mengurus data tersebut ke Dinas Kependudukan dan Catatan sipil.
5. Mencetak data peserta didik dari dapodik terus mengecek data-data siswa yang belum lengkap. Jika terdapat siswa yang belum lengkap maka segera memanggil siswa tersebut dan menjelaskan data-data yang harus di lengkapi kepada operator sekolah. 
6. Memberikan informasi kepada siswa kelas 10 untuk mengumpulkan data Foto copy Ijazah dan SKHUN pada saat sekitar 1 bulan setelah di mulainya hari pertama sekolah atau ketika ijazah dan skhu sekolah asal sudah di bagikan ke pada siswa. 
Selamat atas prestasi yang telah diraih oleh SMAN 1 Tanjung Lubuk Sumatera Selatan. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi Sekolah di seluruh Indonesia.
“Hasil tdk pernah mengkhianati proses. Strategi dan taktik dilakukan untuk upaya peningkatan kualitas data yang lebih baik”
Anang Purnomo Kurniawan TIM Satgas data SMA Provinsi Sumsel 2018 sd 2019

*SALAM SATU DATA*
MAJU BERSAMA HEBAT SEMUA

No comments