Header Ads

test

Sebuah catatan praktek baik menuju 100% kualitas data tahun 2019 (bagian 4)

SMAN 1 Gorontalo merupakan salah satu sekolah yang memiliki rata rata kualitas data sangat baik yaitu 98.81%, Pak Rachmad Hamzah selaku operator baru per Januari 2019 berusaha semaksimal agar data sekolah tetap akurat dan mutakhir. Dengan jumlah 1456 siswa, maka pimpinan sekolah mendukung sepenuhnya terhadap peningkatan kualitas data mulai dari Identitas sekolah, Sarana Prasarana, GTK dan Peserta didik oleh Operator Sekolah. 

Adapun praktek baik yang dilakukan operator Sekolah untuk peningkatan kualitas data SMAN 1 GORONTALO adalah : 

1. Membaca panduan dengan seksama kemudian  berkoordinasi dengan Satgas Dapodik SMA  Provinsi dan Operator Sekolah dari sekolah lain mengenai masalah-masalah yang timbul

2. Pendataan siswa baru dilakukan pada saat pra Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dengan menyebarkan formulir Peserta Ddidik  (F- PD) dan membuat panduan cara pengisian agar siswa baru  serta orang tuanya tidak mengalami kesulitan dalam pengisian formulir tersebut sehingga data yang didapatkan valid.
3. Setelah penarikan siswa baru (kelas X) ke dapodik, Formulir siswa baru tersebut di cocokkan kembali dengan berkas yang dikumpulkan pada saat penerimaan siswa baru seperti (Ijazah, KK, KIP, PKH).
4. Berkoordinasi dengan Wakil Kepala Sekolah bidiang Kurikulum dan Wakil Kepala Sekolah bidang Sarpras. Untuk bidang kurikulum berkaitan dengan pembagian tugas, jadwal dan Pembelajaran. Untuk bidang Sarpras berkaitan dengan data data yang ada di SIMDA barang SMAN 1 Gorontalo.
5. Berkoordinasi dengan pihak tata usaha apabila ada siswa yang mutasi dengan meminjam buku mutasi dan kelengkapan berkas siswa mutasi tersebut
6. Menggunakan Whatsapp Group sekolah apabila ada data yang tidak valid mengenai data guru dan tenaga kependidikan untuk bisa segera ditindak lanjuti. 
7. Mencetak data siswa yang bermasalah kemudian mengedarkan dikelasnya masing masing untuk dilengkapi dengan mencantumkan nomor handphone operator dapodik SMA sehingga siswa dan orang tua bisa mengirimkan data kapan saja melalui WA Nomor Operator Sekolah, tidak harus mengirim data ke sekolah.
8. Segera menyelesaikan masalah yang timbul tanpa menunda-menunda.
Selamat dan sukses pada  Pak Rachmad Hamzah selaku operator baru yang berhasil mempertahankan kualtias Data SMAN 1 Gorontalo.

Korwil Satgas Data SMA Prov. Gorontalo
Sukari Darno.

No comments