Header Ads

test

Manasik Haji KBIH Muhamadiyah Gresik tahun 2008

Pelaksanaan Manasik Haji dilaksanakan pada tanggal 9 s.d 12 Oktober 2008 di komplek perguruan Muhammadiyah Gresik diikuti sebanyak 14 calon jamaah haji di Gresik. Pelaksanaan manasik tahun 2008 ini sudah yang ke 18 kali, namun perjalanan ini mengalami pasang surut. Awalnnya pesertanya diatas 200 dengan gratis.

Namun pada perkembangnnya, manasik yang ke 12 mulai dengan banyak pertimbangan mulai tidak digratiskan lagi. Dan pada saat itu juga banyak bermunculan KBIH baru di kota Gresik. Sehinnga lambat laun juga berubah. Pada tahun 2004 Muhammadiyah juga mulai membentuk KBIH Muhammadiyah Gresik dengan diikuti sebanyak 11 jamaah dengan dipimpin langung oleh Bp H.M In’am.
Namun demikian, Bimbingan manasik hajipun tetap berjalan walaupun pesertanya kurang dari 20. Pada hari pertama, Bimbingna di buka oleh ketua PD Muhammadiyah Gresik Bp. H. M. In’am dilanjutkan dengan materi Aqdah dan Akhlaq Haji Oleh Bp H. Muhtar Buchori. Setelah itu materi Sholat Shafar oleh Bp H. Taufiqullah Ahmady.
Setelah Sholat Dhuhur dilanjutakan dengan Bimbingan Do’a oleh Bp Taufiqullah Ahmady. Namun di hari pertama ini ada yang sedikit mengganjal, karena jadwal yang seharusnya jam 13.00 dengan materi kesehatan oleh Bp dr. H. Zainul Arifin SPOG terlamabat hingga 1 jam sehingga ada peserta yang terlanjur pulang. Namun materi yang diberikan cukup menarik yaitu masalah kesehatan khusus wanita.
Pada Hari kedua, materi Manasik haji 1 dan 2 diasuh langsung oleh Bp H. In’am sedangkan pada hari kedua materi khusus perjalanan ibadah haji dan peragaan pakaian ihram oleh Bp H. Sya’roni dan Bp . H Sjamsul Hidayat. Direncakan untuk hari ke 4 praktek langsung dilapangan. Semoga bermanfaat.

No comments