Header Ads

test

Workshop Pendataan Online Pendidikan Menengah 2011

Dipenghujung tahun 2011, tepatnya tanggal  30 Desember 2011 saya mendapat undangan untuk workshop persiapan cetak biru naskah Pendataan online berbasis web Direktorat Jenderal  Pendidikan Menengah. Workshop ini berlangsung di Gedung D lantai 3 komplek Kementrian pendidikan dan kebudayaan Nasional Senayan Jakarta. Acara  ini dibuka langsung oleh Sekretaris Sekretariat Jenderal Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Bp Drs. Mustagfirin Amin, MBA.
Hadir pada acara workshop ini staf Ahli menteri Pendidikan dan kebudayaan Bp Prof Alkaf dan bebeberapa kasubdit dilingkungan direktorat jenderal pendidikan menengah. Ada 10 Sekolah yang mewakili SMA dan SMK dalam kegiatan ini adapun 10 sekolah tersebut adalah :
1.       Penanggung Jawab TIK SMA Negeri  1 Bogor kota bogor
2.       Penanggung Jawab TIK SMA Negeri  2 Cibinong Kota Bogor
3.       Penanggung Jawab TIK SMA Negeri  54 Jakarta Timur
4.       Penanggung Jawab TIK SMA Negeri  1 Subang Jawa Barat
5.       Penanggung Jawab TIK SMA Negeri  3 Tangerang  Selatan
6.       Penanggung Jawab TIK SMK Negeri  1 Surabaya
7.       Penanggung Jawab TIK SMK Negeri  1 Subang
8.       Penanggung Jawab TIK SMK Negeri  26 Jakarta
9.       Penanggung Jawab TIK SMK Negeri  4 Bandung
10.   Penanggung Jawab TIK SMK Negeri  1 Cibinong Bogor

Setelah acara pembukaan dan pengarahan dari staf ahli menteri dilanjutkan dengan pembagian kelompok. Kelompok pertama membahas dan menkaji perisiapan infrastruktur dan program pendukungnya, sedangkan kelompok kedua, membahas tentang aplikasi yang saat ini sudah dan sedang dilaksanakan baik itu yang ada di SMA maupun SMK.  Suka duka penggunakaan aplikasi di sekolah dan pasang surut dari program pemerintah berkaitan dengan pendataan secara terpusat yang sudah mulai di rintis adanya jardiknas.
Kedepan, dengan dimulai sosialisasi dan pendataan berbasis web online dikmen ini akan lebih mudah dalam melakukan pendaatan secara cepat, akurat, valid dan bias dipertanggungjawabkan karena data ini nantinya bias dipergunakan sebagai bahan perencanaan baik itu bantuan social, bantuan BOS dan kegiatan UN dan kegiatan lain yang berkait erat dengan satuan pendidikan.

No comments