Header Ads

test

Ditjen Dikmen Mengajak Sekolah Untuk Berpartisipasi dalam Pendataan Online

Apa yang dimaksud dengan pendataan online?
Pendataan online berarti bahwa aktivitas pendataan individu sekolah dilakukan langsung oleh sekolah melalui jalur internet tidak harus melalui dinas kabupaten kota maupun dinas propinsi.  Dengan kata lain, data dikirim langsung oleh sekolah ke server Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah. Terus bagaimana peran dinas kab/kota maupun dinas propinsi? untuk lebih jelasnya silahkan baca blue print pendataan online ini.
Bagaimana cara mengirim data ke server Ditjen Dikmen?
Sekolah diminta untuk menjalankan program komputer yang dikenal dengan nama Paket Aplikasi Sekolah (PAS).  Data yang tersimpan di database PAS ini dapat dikirim langsung ke server Ditjen Dikmen melalui jalur internet.

Mengapa harus menggunakan Paket Aplikasi Sekolah? Apakah tidak dapat langsung entri di server Ditjen Dikmen?

Penggunaan PAS bertujuan agar data yang dikirim dari sekolah valid, sehingga datanya sangat layak untuk dijadikan sebagai dasar perencanaan dan penganggaran.
 Apakah Paket Aplikasi Sekolah dapat menjamin validitas data yang dikirim?
 Yang menjamin validitas data bukan Paket Aplikasi Sekolah tetapi transaksi yang terjadi di sekolah dan dikelola oleh Paket Aplikasi Sekolah.  Misalnya untuk menjalankan layanan absensi siswa, seorang siswa harus masuk dulu ke dalam salah satu rombongan belajar, untuk membentuk rombongan belajar harus ditetapkan juga nama wali kelasnya, wali kelas tidak bisa ditetapkan jika data guru belum dimasukkan.  Dengan saling terkait seperti ini, sangat mudah untuk ditelusuri apakah suatu data yang disimpan dalam Paket Aplikasi Sekolah itu valid atau tidak.
 Infrastruktur seperti apa yang harus dipersiapkan sekolah untuk pendataan online ini?
 Tidak ada infrastruktur yang harus dipersiapkan sekolah.  Jalankan saja Paket Aplikasi Sekolah.  Anda tinggal klik satu tombol agar data yang dikelola terkirim ke server Ditjen Dikmen.

Bagaimana cara memperoleh program Paket Aplikasi Sekolah?
 Jika anda ingin memperoleh software PAS, silakan kirim email ke budi.permana@kemdikbud.go.id atau siswanto761@yahoo.com nanti akan kami respon.  Jangan lupa mencantumkan nama sekolah, alamat sekolah dan nama pemohon.(bp). Sumber berita www.budipermana.com,

No comments