Header Ads

test

Workshop PAS di SMA Negeri 1 Sumbawa Besar

Dalam rangka peningkatan kemampuan dan pemahaman terhadap manajemen Administrasi berbasis TIK, maka Dinas pendidikan Kabupaten Sumbawa Besar bekerjasama dengan SMA Negeri 1 Sumbawa Besar Menyelenggarakan Workshop Impelementasi PAS untuk pelayanan  Pendidikan pada Tanggal 22-25 Maret 2012. SMA Negeri 1 Sumbawa adalah salah satu sekolah model untuk SKM-PSB pusat yang ada di Sumbawa Besar. Salah satu Nara sumber adalah Sukari, SPd, MPd guru TIK SMA Muhammadiyah 1 Gresik.
Dalam Kegiatan ini ada 11 peserta workshop yang sangat antusias  yang terdiri dari beberapa tenaga Administrasi dan TIM TIK. Walaupun workshop ini dilaksanakan pada hari libur mereka bisa mengikuti dengan baik dan bahkan melampau jadwal yang telah ditetapkan oleh panitia. Ini adalah salah satu semangat  awal  untuk bisa lebih bisa memberikan pelayanan pendidikan yang lebih baik.
Seperti biasa, saya memberikan materi saya awali dengan memberikan motivasi, kemudian saya lanjutkan tips dan triks yang selama ini menjadi kendala di setiap sekolah dalam mengimplementasikan managemen Administrasi berbasis TIK di sekolah.  Beberapa aplikasi tools yang dapat memudahkan dalam implementasi PAS.
Pada Saat yang bersamaan saya mencoba melakukan beberapa konfigurasi  untuk mengoptimalkan server cerdas yang sudah di miliki oleh sekolah ini. Mulai dari SMS gateway, E-learning Pro, Add OON PAS. Semua program tersebut jika data PAS nya suudah ada tinggak kita integrasikan dengan sekali klik.
Di sesi terakhir workshop ini adalah saya mencoba untuk melakukan singkronisasi data PAS SMA 1 Sumbawa besar ke Server Ditjen Dikmen Pusat. Dan dengan beberapa konfigurasi dan instalasi aplikasi integrator, akhinya data bisa terkirim dengan baik dan Saat itu SMA Negeri 1 Sumbawa besar menjadi urutan ke 11 sekolah yang sudah mencoba untuk integrasi prototype pendataan online ini.

No comments