Header Ads

test

Validasi Data GTK

Yth. Bapak/Ibu Operator Dapodikmen
di Seluruh Nusantara

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 14351/B4/PTK/2015 tanggal 21 Desember 2015 tentang Penggunaan Dapodik Untuk Pencairan Tunjangan, maka pada saat ini telah mulai dilakukan integrasi data Dapodik SMA-SMK dengan Aplikasi sistem tunjangan (Simtun) yang ada di Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Sejalan dengan hal tersebut  maka di himbau kepada Operator Dapodik SMA-SMK bersama-sama dengan GTK di sekolahnya masing-masing untuk melakukan pengecekan/validasi data di laman:http://gtk.kemdikbud.go.id/page/lembar-info-ptk-atau-lapor-tunjangan-dikdas. 

Apabila menemukan data GTK ada yang masih dinyatakan belum valid, ada beberapa kemungkinan penyebabnya:
1.       Pengisian data di Dapodik SMA-SMK masih belum lengkap/benar.
2.       Belum melakukan sinkronisasi.
3.       Telah dilakukan sinkronisasi tetapi datanya belum terangkut ke server Dirjen GTK (pengiriman data dari server Dapodik ke server GTK dilakukan pada periode tertentu dan tidak setiap saat/real time).
4.       Data tidak terbaca atau salah terbaca oleh system.
Maka yang harus dilakukan jika datanya belum valid adalah Operator Dapodik SMA-SMK dipersilahkan untuk mengecek kembali data-datanya pada Aplikasi Dapodik dan melakukan sinkronisasi. Selanjutnya untuk konfirmasi data GTK juga dapat menghubungi:
1.       Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat yang menangani tunjangan GTK jenjang Dikmen.
2.       Unit Layanan Terpadu Kemdikbud......Gedung C lantai 1 Komplek Kemdikbud Senayan Jakarta 10270.....call center: 177......telp : 021 5703303......fax : 021 5733125.......sms : 0811976929....email : pengaduan@kemdikbud.go.id.
Perlu diketahui bahwa proses pengiriman data dari server Dapodik SMA-SMK ke server di Dirjen GTK dilakukan berdasarkan penetapan cut off dan periode tertentu sesuai dengan pengaturan teknis yang telah ditentukan. Maka pada saat Operator sekolah melakukan sinkronisasi Dapodik, datanya tidak secara langsung tampil di aplikasi info GTK(real time), akan tetapi ada jeda beberapa waktu. Tim Dapodik SMA-SMK akan terus melakukan koordinasi dengan Tim di Dirjen GTK untuk memaksimalkan proses integrasi data dan memperbaiki memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada sistem..

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam Satu Data,

Admin Dapodik SMA-SMK

No comments