Header Ads

test

Instalasi Server Menggunakan Teknologi Virtualisasi “Bare Metal”

Alhamdulillah pada tanggal 9 Juli 2012, saya mendapat amanah untuk mereview dan menginstall  2 Server  Milik SMA Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi di rumah. Kedatangan 2 komputer Server tidak bisa saya terima sendiri, mengingat pada saat yang bersamaan saya bersama Bapak Nanang Arief Setiawan harus berangkat ke Manado untuk mengikuti TOT yang diselenggarakan mulai tanggal 9 s.d 13 Juli 2012.
Kepercayaan yang sangat baik ini saya manfaatkan sekalian untuk belajar melakukan proses  konversi OS dari computer secara fisik ke virtualisasi. Dan setelah melalui proses yang cukup lama untuk belajar yang tadinya gagal terus, Alhamdulillah ini bisa berhasil dengan baik.Instalasi sendiri saya lakukan setelah Kegiatan Workshop TOT system manajemen pendidikan Menengah untuk regian IV dan proses pemilihan ketua RW XI Desa Yosowilangan (jadi Ketua Panitia Pemilihan – Alhamdulillah saja tidak terlambat datangnya sehingga bisa ikut kerja bakti).

Mengingat computer server, maka saya menggunakan VMware ESXi versi 5 dengan teknologi bare metal. Ketepatan computer ada 2, 1 komputer DELL T110 dan  dan HP, Tahap demi tahap intalasi dengan menggunakan teknologi bare metal berjalan dengan baik dan mulailah saya melakukan instalasi untuk OS ubuntu 12.04 Server 12.04 LTS yang nantinya menggunakan Virtualmin untuk membuat layanan multidomain di server sekolah.

Bila ada sekolah yang ingin di bantu review dan Mingrasi ke opensource, saya siap untuk membantu

No comments