Header Ads

test

Workshop Teknologi Virtualisasi seri Advance 1 di SMA Labschool Jakarta

Untuk yang kedua kalinya pada tanggal 18 Juli 2012, SMA Labschool Jakarta menjadi penyelenggara kegiatan Workshop Pemanfaatan Teknologi virtualisasi dilingkungan pendidikan seri Advance 1. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan pada tanggal 16 Juni 2012 dan 17 Juni 2012 yang juga di selenggrakan di SMA Labschool dan SMA Islam Al Azhar Jakarta. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama SMA Labschool dan Ekamedia yang berlokasi di GKB Gresik.

Mengingat ini, adalah materi Advance 1, maka peserta langsung mendapatkan materi Praktek langsung instalasi pada computer server dengan menggunakan teknologi virtualisasi type bare metal. Yang dilanjutkan dengan mengintall ubuntu server 12.04 LTS. Di rencanakan ada 3 server yang bisa di gunakan, computer server pertama saya bawa langsung dari Gresik, kemudian ada teman yang menawari ada untuk komputernya bisa digunakan, 1 komputer di rencanakan milik SMA Negeri 1 Depok.  Namun sampai dengan acara di mulai computer SMA Negeri 1 Depok belum datang.

Tidak perlu panjang lebar dalam maslah teory, langsung jam 09.00 WIB tanjap gas praktek dibagi menjadi 2 kelompok. Ternyata ada Bp Moh orip dari SMK 33 jakarta yang memiliki computer server, dan kontak langsung ke sekolah untuk bisa di kirim ke SMA Labschool. Ternyata ada sebuah pengalaman, ternyata computer untuk bare metal itu minimal RAMnya 3 GB. Krn RAMnya masih 2 GB sehingga computer yang masih dalam kondisi masih dalam kardus itu tidak berhasil dibawa pulang dengan isntalasi teknologi virtualisasi.

Dalam scenario workshop saya rencanakan jam 13.00 WIB sudah pada materi virtualmin, ternyata karena kondisi koneksi internet sehingga proses pembuatan mesin virtual dengan multidomain menjadi terhambat. Namun demikiaan, masih ada buku panduan yang bisa digunakan untuk step by step dalam konfigurasinya.

SElamat mencoba

SEmoga berhasil, semoga bermanfaat.

Sukari Darno

No comments