Header Ads

test

Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Virtualisasi dan PAS di SMA Muh 2 Genteng

Setelah melakukan instalasi komputer server milik SMA Muhammadiyah 2 Genteng, maka saya di jemput dari Rumah pada tanggal 25 Juli 2012, Acara pendampingannya sendiri dilaksanakan pada tanggal 26 dan 27 Juli 2012 di Ruang Server SMA Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi. Langkah Awal yang perlu saya lakukan adalah setting komputer server dengan kondisi IP yang di miliki oleh sekolah dan konfigurasi intranet menggunakan multidomain.
2 komputer server memang awanya 1 komputer server sudah di install linux untuk intranet. Untuk menggunakan teknologi bare metal ini maka data intranet saya usahakan untuk di backup untuk bisa dimanfaatkan kembali. Setting IP di sesuaikan dengan kondisi sekolah, mingngat website sekolah sebelumnya lokasi datanya sudah berada di sekolah. Saya bersyukur, mengingat penyesuaiannya tidak terlalu lama, sehingga website sekolah bisa diakses dari intranet dan internet.

Yang membuat proses agak lama adalah hasil konvert OS yang sudah saya lakukan tidak bisa dilakukan snapshot untuk backup system sehingga untuk data komputer server PAS digunakan OS Windows 2003 server R2.

Mengingat tenaga TI sudah familiar dengan penggunaan PAS dan operasional Import, maka saya hanya membantu untuk proses memindahkan data yang sudah pernah dimiliki untuk tidak diketik ulang dan pendampingan untuk proses patching dari PAS versi 5.3 ke PAS versi 6.1. Alhamdulillah Kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar, dan semoga bisa ketemu lagi dengan TIM untuk kegiatan Workshop Teknologi virtualisasi dilingkungan pendidikan untuk tahap VII di SMA Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi setelah lebaran.

Semoga Bermanfaat.

No comments