Header Ads

test

INUL Aplikasinya dan Goyang Datanya (bagian 7)

Jumat pagi hari ini rasanya gembira dan bahagia, karena muncul pesan di inbox WA mengabarkan jika Data yang dimiliki oleh kepala Sekolah sebagai tugas tambahan sudah Valid di Info GTK.  Jika setiap pagi membuka WA, pastilah muncul beberapa pertanyaan yang kadang tidak bisa memberikan jawaban saat itu juga. Beragamnya pertanyaan ini yang membuat saya terdorong untuk ODOW (One Day One Writing) seputar masalah Dapodik yang saya saya ketahui. Dan Saya bersyukur, dengan banyak nya permasalahan yang sama juga bisa terselesaikan dengan memberikan link tulisan yang saya berikan.


Bermula dari salah satu Kepala sekolah yang langsung ke Inbox memberikan data Kepala Sekolah sebagai tugas tambahan yang sampai dengan saat itu belum tervalidasi, sementara kepala sekolah sudah di ingatkan oleh Dinas pendidikan bagian Simtun untuk melakukan perubahan pada data Dapodiknya. Setelah saya melakukan pengecekan terhadap datanya, saya menyadari bahwa datanya sudah benar sesuai dengan role entri dapodik namun belum di proses validasi oleh tim GTK. Saya menyampaikan untuk bersabar. Ada pertanyaan lanjutan.. Apakah SK kepala Sekolah perlu dilakukan perubahan ? saya jawab singkat. Tidak Perlu.
Alhamdulillah jelang sehari kemudian muncul kabar lagi jika data tugas tambahan sebagai kepala sekolah sudah masuk, namun untuk linieritas di kolom bawah masih merah. Apa yang salah ? Hemsss.. apa ya..? Jawab saya singkat lagi. Bersabar bapak. Kita tunggu bersama proses validasinya. Sabar Nggih ..
Berikut capture dari Tugas tambahan yang sudah valid tapi di kolom Beban Mengajar dan jam linier tidak memenuhi :

Dan Alhamdulillah setelah menunggu 2 hari setelah proses validasi selesai dilakukanoleh GTK, Beban mengajar sudah memenuhi. Alhamdulillah. Kalau proses ini tidak difahami oleh Guru yang bersertifikasi, maka operator Dapodik akan ditanya terus kapan datanya Valid.
Validasi data GTk juga akan sangat bergantung ddengan entrian data yang ada di Dapodik. Oleh karenanya entri data di dapodik dengan benar dan sesuai dengan aturan entri yang telah ditetapkan.
Semoga bermanfaat.



No comments