Header Ads

test

INUL Aplikasinya dan Goyang Datanya (bagian 11)

Salah Satu perbaikan  Aplikasi 2018a adalah perbaikan dan penambahan keamanan pada aplikasi. Perbaikan dan Penambahan keamanan aplikasi ini dikarenakan semakin banyaknya alat bantu di luar aplikasi Dapodik yang ada, baik  yang digunakan untuk input atau  update data . Namun saat datanya bermasalah atau aplikasinya tidak bisa akses, maka Operator mengalami kesulitan untuk mengatasinya. Salah satu contoh pengaduan melalui inbox ke saya setelah membaca tulisan saya tentang Inul Aplikasi dan Digoyang datanya. Maka pertanyaan adalah kalau menjumpai aplikasi sebagaimana gambar apakah langsung dilakukan INUL (Install Ulang) ?.
Sebelum saya menyarankan untuk INUL (Install Ulang), saya akan mencoba menggali informasi. Apakah dikomputer yang ada saat ini tidak ada aplikasi lain atau Aplikasi TOOL yang telah dilakukan Instalasi ? Jawabnya tidak. Untuk meyakinkan saya dikirimkan gambar dari sistem operasi yang digunakan.


Jika dilihat dari gambar sih saya sudah yakin tidak ada tool lain, saya hanya melihat ada aplikasi Dapodik dan PMP yang saling berdampingan. Namun untuk melihat lebih jauh, maka saya meminta untuk di remote saja dan untuk lebih memastikan rekomendasi yang akan diberikan tidak salah langkah. Saya juga meminta membuat Kronologis yang telah dilakukan.
Berikut kronologis yang dilakukan operator Sekolah tersebut :
yang jelas, baru hari ini pak, munculnya, dari saya update sampai 1 jam yang lalu masih bisa saya pakai, waktu mau singkron, saya validasi muncul peringatan untuk refresh,
terus saya refresh, sekalian saya clear histori browser
dan selanjutnya muncul tulisan itu.

Setelah mendapatkan ID dan password Teamviewer. Maka segera melakukan pengecekan pada Control panel-administrative Tools – Serveice à ternyata service aplikasi dapodik running. Saya langsung curiga ke Control Panel untuk cek Program Apa saja yang telah di Install. Ternyata dapat di cek Aplikasi yang sudah ada (Dapodik yang informasinya sudah dilakukan Updater) tidak terdeteksi berubah. Saya Gesert lagi ke Scrool ke bawah, ternyata Ada satu Aplikasi Tools (tidak saya sebutkan Toolsnya). Sehingga saya merekomendasikan untuk Un-Install Dapodik yang ada dan Un Install Tools yang sudah di Install. Dan Alhamdulillah setelah beberapa saat, Laporan kembali bahwa aplikasi Dapodik 2018 sudah bisa berjalan dengan Normal.
Semoga bisa menjadi informasi bagi operator dan berhati hati untuk menggunakan aplikasi Tools di aplikasi dapodik 2018a ini.


No comments