Header Ads

test

INUL Aplikasinya dan Goyang Datanya (bagian 3)

Apa Itu Goyang Datanya ?

setelah membuat 2 tulisan tentang Inul Aplikasi dan Goyang Datanya, ada beberapa Operator Baru yang membaca dan mengikut tulisan tersebut. sehingga untuk Inul meraka sudah tahu karena pada tulisan sudah dissampaikan INUL (Install Ulang) Aplikasi. Namun untuk Goyang Data pada penasaran ? Apa itu Goyang. Saya menyadari benar bahwa untuk Goyang Data banyak penafsiran yang berbeda dari setiap orang, apalagi ini dalam urusan pendataan. Istilah Goyang itu muncul terjadi pada Group Group yang saya ikuti di WA teman temen operator DApodik SMA-SMK. mengingat banyaknya permasalahan yang mereka hadapi dengan data yang mereka miliki. Dominan muncul Goyang data, jika data itu sudah masuk ke ranah Transaksional dan itu sangat berkaitan dengan program yang ada di Sekolah, baik Itu BOS, PIP, Tunjangan Profesi dan program lainnya. Salah satu Trend topik yang hangat setelah Rilis Aplikasi adalah Pembelajaran Max = 0 di jenjang SMK
Padahal, mereka sangat faham jika di aplikasi Dapodik untuk Pembelajaran Max jam harus terisi sesuai dengan max jam yang ada di struktur kurikulum. Nah, temen temen menjawab jika ada pertanyaan kok Jam nya max 0, Goyang yuk datanya .. artinya segera Perbaiki datanya. lakukan sesuai dengan aturan Entri data dan baca panduan. itu yang seringkali di rekomendasikan oleh temen temen.
Ada lagi kasus, Guru yang mengajar 30 jam, namun di info GTK, yang linier hanya terbaca 8 Jam. Terang saja guru tersebut tidak terima dan kontak langsung ke Saya. Berikut salah satu bentuk komunikasi  yang pernah saya lakukan.
Pak Th : Assalamualaikum, Gimana Kabar nya ?
Pak SD : Wa'alaikum salam , alhamdulillah baik dan sehat pak
Pak Th : izin konsultasi bapak, apakah ada waktu ?
Pak SD : Silakan BApak. masalah Dapodik kah ?
Pak Th : Inggih Bapak. Saya sudah mengajar 30 jam , namun di info GTK kok hanya terbaca 8 jam yang linier Bapak, apa ada yang salah ?
pak SD : oooh, kalau bisa nanti saya di hubungkan dengan operatornya.. mungkin datanya perlu di Goyang ..
Pak Th : Kok di di Goyang pak Sukari.. ? apa itu
Pak SD : maksudnya Datanya perlu di cek dan di perbaiiki jika ada yang salah tempat. saya besok longgar jam 9 pagi pak. biar nanti saya remote,,
pak Th : Siap pak sukari, besok operatornya saya minta standby jam 9.
Keesokan harinya saya di telp jam 9 dan Alhamdulillah Operator Sekolah juga sudah siap dengan ID dan Password teamviewernya. setelah di lakukan cek datanya ternyata ada yang salah pada status peserta didik pada anggota rombel. pada semester 2, semua kelas yang datanya bermasalah itu di isikan siswa baru dan bukan lanjutan semester. saya berikan contoh untuk mengeluarkan anggota rombel satu per satu dan memasukkan kembali. Setelah 3 hari berselang. muncul  inbox ke WA saya lagi
pak Th : pak Sukari, Alhamdulillah Sudah Josss habis di goyang. datanya sudah valid di info GTK. terima kasih atas bantuannya..
Pak SD : Sama sama Bapak. 
itulah sedikit uraian atau kronologi tentang istilah di goyang datanya, kalau data itu salah entri, salah penempatan  atau tidak sesuai dengan role entrian data. maka segera lakukan perbaikan, update segera dengan melakukan sinkronisasi. 
Mohon Maaf mungkin istilah ini dianggap aneh bagi yang baru membacanya. memang terkadang di group supaya tidak tegang, ada saja istilah istilah yang membuat kita kadang tertawa, atau kadang ada yang marah karena posting yang diluar pembahasan Dapodik.
Sukari Darno

No comments