Header Ads

test

Catatan Orasi Ilmiah oleh Dahlan Iskan (bagian 2)

Tanda tanda masyarakat modern sudah mulai nyata.
Manajemen harus solid dan kompak
Catatan berikutnya yang ingin saya tulis dalam orasi ilmiah yang disampaikan oleh Dahlan Iskan adalah ternyata tanda tanda bahwa masyarakat indonesia mulai menuju ke masyarakat modern. Hal ini ditunjukkan dengan mulai berpisahknya Politik dan Ekonomi. Dengan berita yang kita dengar tiap hari masalah korupsi, dan politik yang terjadi saat ini, mulai dari berita dimedia cetak dan elektronik yang seolah olah minggu depan negara ini mau hancur, luluh lantak dan porak poranda. Namun di sisi lain pergolakan politik tidak berpengaruh pada perkembangan ekonomi. Masyarakat sudah mulai cerdas dan bisa memilah dan memilih.
Mahasiswa yang sudah lulus dari UUM ini punya kesempatan untuk berkarya dan menikmati masa kejayaan 10 tahun yang akan datang. Jangan menjadi korban dari perkembangan masyarakat modern. Percayalah bahwa 10 tahun yang akan datang Indoneisa akan mencapai minimal $9.000. Untuk yang tertarik dengan dunia politik silakan. Untuk yang dibidang ekonomi silakan.
Dalam orasi ilmiahnya juga Dahlan Iskan sempat  bercerita bahwa seorang Manajemen yang sukses adalah mereka yang mampu menyiapkan kadernya dengan baik. Beliau kemudian bercerita perihal proses menjadi direktur PLN yang beliau sendiri bukanlah seorang insinyur. Ahli agama menyatakan bahwa kalau seseuatu masalah itu bukan dipegang oleh ahlinya maka tinggal menunggu kehancuran. Namun setelah dikonfirmasi ke presiden mengapa harus dirinya yang menjadi Direktur utama PLN. Presiden menjawab bahwa anda sangat kuat dan ahli dalam hal Manajemen. Ada dua hal yang menjadi point penting kepada presiden yang disampaikan oleh Dahlan Iskan, yang pertama beliau harus  konsultasi dulu kepada dokter apakah diperkenankan untuk menjabat sebagai direktur PLN krn habis sakit. Yang kedua adalah untuk penenntuan direktur dibawahnya maka harus dari Dahlan Iskan sendiri yang menentukan dan bukan dari Menteri atau bahkan titipan dari yang lain. Hal ini untuk bisa melakukan perubahan yang mendasar di level manajemen. Kalau sudah manajemen itu solid dan Kompak, maka segala permasalahan bisa teratasi dengan baik dan cepat.

No comments