Header Ads

test

Catatan wisudaku (Bagian 2)

Pagi hari setelah sholat subuh, saya bergegas untuk membangunkan seluruh keluarga untuk bersiap siap mandi dan berangkat jam 6 pagi. Saya tidak ingin membiarkan waktu berlalu begitu saja. Sambil menunggu yang lain menyiapkan diri, saya mengambil beberapa dokumentasi untuk keluarga dengan menggunakan baju wisuda yang nanti akan digunakan. Setelah semua siap, meluncurlah rombongan ke Lokasi Dome UMM, namun belum sampai di terminal Landung Sari, Mobil yang saya tumpangi gembos. Beruntung lokasinya sudah  tidak terlalu jauh sehingga harus jalan kaki. Karena seluruh rombongan belum sarapan. Maka saya coba carikan warung sederhana di depan kampus 3 UMM. Alhamdulillah sarapan sudah selesai sebelum jam 07.00 WIB sehingga target sampai dilokasi tepat waktu bisa dilalui.

Kesempatan yang saya ambil sebelum masuk Dome UMM adalah mengabadikan peristiwa bersejarah bagi saya. Untuk itu saya mengambil keputusan untuk foto bersama orang tua, mertua, istri dan anak. Setelah itu langsung menuju lokasi yang ditentukan. Ada sedikit yang saya harus berfikir keras. Bagaimana caranya keluarga saya bisa masuk sementara undangan hanya berlaku untuk 3 orang. Loby kepada beberapa rekan yang tidak membawa keluarga akhirnya saya tempuh dan alhamdulillah seluruh keluarga bisa masuk Dome UMM sehingga bisa mengikuti proses wisuda dengan baik.

Setelah menunggu hampir 1,5 Jam. Akhirnya jantung ini agak sedikit bergetar karena proses masuk Dome untuk para wisudawan  sudah dimulai. Ketepatan untuk Mahasiswa Pasca sarjana mendapat urutan paling atas, tepatnya saya di kode A98.
Setelah seluruh wisudawan duduk pada tempatnya masing masing, dilanjutkan dengan acara prosesi dengan masukknya jajaran rektorat.  Lagu Kebangsaan Indonesia Raya di kumandangkan yang kemudian dilanjutkan dengan Mars Muhammadiyah. Disaat lagu kebangsaan  Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah dilantunkan. Rasanya seolah olah mimpi saja, tapi ini real. Saya tidak pernah membayangkan sampai bisa kuliah S-2. Saya tidak membayangkan bisa sampai pada posisi saat inii. Tapi ya Allah .... Ya Rohman dan Rohiiim . Ya Alllah...Laaa haula wala kuwwata illa billah. Hanya kepada Mu Ya Allah Aku menyembah... hanya kepada Mu  Ya Allah aku mohon pertolongan. Rasa bahagia, terharu bercampur aduk jadi satu. Tangisan bahagia dalam hati, do’aku yang selama ini kumohonkan, Ya Allah berikan kekuatan pada hambamu ini untuk terus mengemban amanah ini dengan hati yang tulus dan ihlas karena beribadah kepadaMU ya Allah.
Setelah lagu Kebangsaan Muhammadiyah “Mars Muhammadiyah” berakhir, hati mulai tenang lagi dan mulai untuk mengikuti wisuda ini dengan seksama untuk bisa saya ambil hikmah dan adaptasi bila dimungkinkan bisa di terapkan di SMA Muhammadiyah 1 Gresik.  Dengan 1041 Mahasiswa yang diwisuda ternyta Jam 13.30 WIB sudah bisa terselesaikan dengan baik. Mengapa yang lebih sedikit tidak bisa

No comments